Wednesday, August 01, 2012

Caramel Pudding Cake



Dulu sering banget liat postingan cake caramel ini dari sepupu akang yg di Johor Bahru ( Malaysia) tapi tidak sedikitpun ada keinginan untuk nyoba resepnya , soalnya tie termasuk ga suka liat cake yg warnanya gonjreng hehheheh tapi saking seringnya beliau bikin cake yang satu ini, eh malah jadi penasaran, apalagi menjelang lebaran duh pengen juga nyoba sesuatu yang baru.





Berbekal niat mulai lah mencari-cari resep di blog negri jiran , duuuh ternyata cake yg satu ini emang lagi booming , banyak banget di posting di blogger Malaysia , ehmmm semakin penasaran , sampelah tie di Dapur Kak Zu baca resep dan membulatkan tekad akhirnya alhamdulillah sukses juga heuheuheu walau penampilannya masih kurang sempurna , entah karena kurang sabar si cake belum benar2 dingin udah tie oprek tapi lupakan lah betuk yg tidak berapa cantik itu , soalnya rasanya aduhaaaiii... nikmat sekali ,patut lah tempo hari sepupu akang seolah tak berhenti bikin cake yg satu ini.



Caramel Pudiing Cake

Resep :
Bahan 1 :

3 sdm gula pasir
masak gula dalam loyang 8 inci hingga menjadi karamel lalu sisihkan..

Bahan 2 :
1/2 kaleng susu epavorated (200 gr )
70 gm gula pasir
1/2 tsp esen vanilla
3 kuning telur
aduk semua bahan hingga rata lalu sisihkan

Bahan 3
140 gm tepung terigu
70 gm gula pasir
3 kuning telur
135 ml air
1 sdt baking powder
50 ml minyak jagung

Bahan 4 :
6 putih telur
70 gr gula pasir
1/2 sdt garam


Caranya :

Bahan 2 : Saring adonan lalu masukan kedalam loyang yg sudah berisi karamel (bahan 1) sisihkan...

Bahan 3 :

Kocok kuning telur beserta minyak dan air sampai rata , lalu masukan gula kocok lagi hingga adonan mulai mengembang , matikan mixer lalu masukan terigu yg sudah dicampur dengan bp , aduk perlahan hingga tepung tercampur rata lalu sisihkan.


Bahan 4

Kocok putih telur hingga berbusa lalu masukan gula dan garam dan kocok hingga berjejak , lalu masukan 1/3 adonan putih telur dalam adonan tepung tadi aduk rata menggunakan cara aduk balik , kemudian masukan sisa putih telur dan ratakan.

Bagi adonan menjadi 3 bagian dan masing2 diberi pewarna (sesuai selera) kemudian tuang adonan yg sudah diberi warna ke atas loyang berisi caramel tadi.

Cara menuang adonan , semisal 3 warna , merah , biru dan hijau , tuang warna biru sebanyak 3 sendok makan lalu tuang adonan merah tepat dibagian tengah adonan biru sebanyak 3 sdm juga begitu juga dengan adonan warna hijau terus lalukan hingga 3/4 adonan , kemudian lakukan dengan cara yang sama tetapi hanya mengunakan 2 sdm adonan saja dan terakhir gunakan hanya setiap satu sendok makan saja hingga semua adonan habis.

Oven dengan cara au bain marie atau water bath dengan suhu 160'C selama 45 menit atau hingga matang.

Setelah matang cake jangan dulu dikeluarkan , tapi biarkan hingga benar2 dingin baru terbalik-kan , cake ini enak dihidangkan dingin... selamat mencoba ;)

Caramel Cake
Recipe by Munira Baharom ,

Buat yang penasaran pengen tau resep versi melayu , manggaaa... liat aja langsung kek karamel dapur Kak Zu, di blog beliau cakep cakep lho hasilnya... oh iya cake karamel punya tie resep caramelnya pake 2 resep jadi bisa dapet pudiing caramel yg lumayan rada tebel .






Yang pasti kalo menurut tie ,Caramel Pudding Cake yg ini emang enak banget ,dan berhubung tie masih belum puas sama hasil uji coba tadi siang rasa-rasanya besok besok juga bakalan bikin lagi , selain emang akang suka dan kebetulan kita ada undangan iftar di rumah mertua jadi lumayan hasilnya bisa dibawa buat buka bersama nanti :). Ayooo cobain dijamin ketagihan lho...




3 comments:

TARUNA KUSUMA YUDHA said...

terimakasih mas atas infonya semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan shobat blogger lain nya. terimakasih harap kunjungan balik mas.

Fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull. Wah jadi pingin nyoba nich, resep caramel pudiing cake nya yg maknyuss. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

solusi obatherbal said...

wuihhh keliatan enak banget
cobain ah
makasih ya infonya

http://www.herbalmedika.com

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails