Friday, March 25, 2011

Siomay



Beginilah kalo tukang merusak resep dapet resep baru :P alhamdulillah dikasih resep siomay sama juragan siomay S'pore setelah beberapa hari sebelumnya nyoba makan siomay beliau , enaaaaak banget xixiix , padahal dari dulu pengen banget bikin cuma entah kenapa baru sekarang prakteknya ;)) resep ini berhasil tertaklukan , ehm... masih ada resep siomay satu lagi kayanya besok2 bakalan di oprek juga nih :P

SIOMAY (T Ellen)

Bahan:
400 gr campuran ayam dan udang yang sudah diproses halus
2 butir telur
150gr sagu
100gr terigu
2 batang seledri atau daun bawang
1/2 sdt merica bubuk
3 siung bawang putih,haluskan
2sdt gula pasir
1sdm kaldu bubuk
1sdm kecap asin/ikan
1/2 sdt garam
1sdm ebi yg sudah dihaluskan
1 buah labu siam,parut halus
air es secukupnya
kulit pangsit

SIOMAY (Tie)

300 gr ayam
200 gr udang
200 gr ikan tengiri
2 butir telur
150gr sagu
100gr terigu
2 batang daun bawang
1/2 sdt merica bubuk
3 siung bawang putih,haluskan
2 sdt gula pasir
1 sdm kaldu bubuk
1 sdm minyak wijen
1 sdm peres garam
1 sdm ebi yg sudah dihaluskan
1 buah labu siam,parut halus
air es secukupnya
kulit pangsit

Caranya :

campur ayam,udang ,ikan dan bahan lainnya kecuali tepung.aduk rata.sesudah itu masukkan tepung .ratakan.beri air es sedikit demi sedikit.adonan jangan terlalu padat supaya hasilnya tidak alot.
letakkan kulit pangsit di cetakan bolu kukus/gelas cucing/cetakan talam.isikan dengan adonan..lalu kukus hingga matang


BUMBU KACANG
pake dikira2 aja yah..

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah
Rawit merah

tie mah semua bumbu di kukus setelah lembut haluskan lalu tumis setelah wangi masukan kacang yg udah dihaluskan , terus tambah air panas (yang banyak,sampai adonan tidak terlalu kental)garam,gula pasir,kecap manis..aduk rata.cicipin sampai rasanya pas..masak dengan api sedang sampai bumbu kacang ini keluar minyaknya.matikan api.

Hidangkan siomay dengan tambahan sambal . kecap dan jeruk purut ehm... enaaaak :)

Original recipe by Ellen
modifikasi by Syanti Dewi

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails