Sunday, November 29, 2009

KBB # 14 White Bread




Tugas KBB kali ini bikin roti , seru asik lantaran menantang banget , resep yg dipake resep yg biasa dipake bakery , yaitu memakai persentase asik kan... jadi selain mencoba resep tapi juga belajar berhitung :)

Pertama kali bikin pake 200gr tepung tapi sayang munking lantaran udara dingin di SG hujan yg ga berhenti plus angin laut yg lumayan kuat si adonan ga naik2 , akhirnya nyoba nutup pintu dapur masak , nyalain oven dll biar suhu dapur naik , alhamdulillah adonan rada naik dikit tapi tetep ga puas , alhasil besoknya bikin lagi pake adonan 500 gr alhamdulillah sukses , puas banget pokonya selain lembut , serabutnya keliatan banget... top deh .


Nah yg mau resepnya ini yah mangga dicoba

Baker’s Percentage

Tepung terigu protein tinggi 100
garam 1.8
gula 7.7
susu bubuk 6.2
Iragi instant 1
telur, kocok dalam suhu ruangan 7.7
mentega, suhu ruangan 7.7
air 62.8






Campur tepung, garam, susu bubuk, gula dan ragi di dalam mangkuk dengan volume 4 quart (atau gunakan mangkuk mixer). Tuangkan telur, mentega dan air, aduk dengan sendok metal yang besar (atau pakai mixer dengan kecepatan rendah menggunakan paddle attachment) hingga tepung tercampur rata dengan bahan cair tadi dan adonan membentuk bulatan bola. Jika adonan tampak keras dan kering, ciprati dengan air hingga adonan lunak dan fleksibel.

Taburkan tepung ke atas meja kerja, letakkan adonan di atasnya, dan mulai menguleni (atau kocok dengan kecepatan sedang memakai dough hook), tambahkan tepung jika perlu, untuk menghasilkan adonan yang lunak, fleksibel, dan tacky (sudah licin dan kering) tapi tidak lengket. Lanjutkan menguleni (atau mengaduk dengan mixer) selama 6-8 menit. (jika menggunakan mixer, adonan harusnya sudah lepas dari mangkuk, tidak lengket di dasarnya). Adonan harus lulus windowpane test (tes elastisitas adonan dengan mengambil sedikit bagian adonan dan dipentangkan di depan jendela/cahaya) dan bersuhu 80F.

Siapkan mangkuk besar, olesi minyak tipis saja, letakkan adonan ke dalam mangkuk, gulingkan ke sisi-sisi mangkuk untuk melumasi adonan dengan minyak. Tutup mangkuk dengan plastik.
Biarkan adonan mengembang dalam suhu ruang selama 1.5 hingga 2 jam, atau hingga adonan mengembang dua kali lipat (durasi waktu pengembangan adonan bergantung kepada suhu ruangan tersebut).


Keluarkan adonan dari mangkuk dan bagi dua buah ukuran roti sandwich, menjadi 18 x 2ons dinner rolls, atau 12 x 3ons burger atau hot dog buns. Bentuklah bagian-bagian tersebut menjadi bola-bola untuk satu roti tawar iris atau bulatan-bulatan untuk dinner rolls/buns. Lembabkan adonan dengan spray oil tipis-tipis saja dan tutup dengan serbet dapur atau plastik. Biarkan selama 20 menit.
Pembentukan. Untuk roti tawar iris, bentuklah seperti membuat bolu gulung tetapi cubitlah bagian lipatannya dengan setiap putaran untuk menguatkan permukaannya.


Tutuplah lipatan terakhir dengan mencubit seam menggunakan bagian tepi belakang tangan atau jempol anda. Olesi tipis dua loyang roti berukuran 8.5 x 4.5 inci dan letakkan adonan ke dalam kedua loyang tersebut. Untuk rolls dan buns, alasi 2 loyang dengan baking paper. Rolls tidak memerlukan shaping lebih lanjut. Untuk hot dog buns, bentuklah adonan berbentuk pistol tanpa mengecilkan ujungnya. Pindahkanlah rolls atau buns ke atas loyang.

Lembabkan permukaan adonan dengan spray oil dan tutup dengan plastik atau serbet dapur. Tidak usah terlalu rapat menutupnya. Biarkan adonan mengembang di suhu ruangan selama 60 - 90 menit, atau hingga adonan hampir mengembang dua kali lipat.
Panaskan oven 350F untuk loaves atau 400F untuk rolls dan buns. Olesi rolls atau buns dengan egg wash dan hiasi dengan poppy atau sesame seeds. Roti sandwich juga bisa diolesi dengan egg wash dan dihias, atau iris bagian tengahnya dan olesi minyak sayur sedikit di bagian irisan yang terbuka.


Panggang rolls dan buns selama kurleb 15 menit, atau hingga kuning kecoklatan dan bersuhu sedikit lebih tinggi dari 180F di tengahnya. Panggang loaves selama 35-45 menit, jika perlu, putar 180 derajat di tengah waktu baking untuk memastikan pematangan yang rata. Permukaan roti harusnya berwarna kuning kecoklatan dan tepinya kekuningan jika dikeluarkan dari loyang. Suhu di dalam roti semestinya mendekati 190F, dan roti berbunyi kopong ketika diketuk-ketuk dasarnya.
Pendinginan. Jika roti sudah selesai dipanggang, keluarkan segera dari loyang dan dinginkan di atas rak pendingin selama kurang lebih 1 jam sebelum diiris-iris atau disajikan. Rolls seharusnya akan dingin sekurang-kurangnya 15 menit saat didinginkan di atas rak.



Yuhuu... alhamdulillah sukses , cantik n enakkk... dapet tanda lulus pula.. senengnyaaa :) .



Tuesday, November 10, 2009

Tinoransak


Makanan khas Manado yg satu ini bikin penasaran apalagi pas pertama liat namanya yg rada2 kaya dinosaurus hehhehe , kebetulan juga di kulkas gi punya daging iga , jadilah nyoba resep ini , rasanya pedeees bikin segerr , dan yg pasti mantep apalagi makan ma nasi yg masih ngepul , waaahhh poool deh ;))

Tinoransak
Bahan :
500 gr daging iga sapi
1 liter air
minyak untuk menumis

bumbu kasar :
3 siung bawang putih
15 siung bawang merah
5 buah cabe hijau
10 buah cabe rawit
4 helai daun jeruk ( ada yg pakai daun kemangi , bahkan ada yg pake daun jeruk dalam jumlah yg banyak tie mah cuma pake 4 helai aja )
3 batang serai
2 cm jahe
2 cm kunyit yg udah dibakar
1 sdm garam
1/2 sdm gula

Caranya :
Panaskan minyak , lalu tumis bumbu kasar setelah wangi masukan daging iga , setelah daging berubah warna masukan air dan kecilkan api , biarkan hingga daging empuk dan kuah mengental .

Resep : Keluarga Nugraha yg sedikit di modifikasi sesuai selera keluarga :)



Sunday, November 08, 2009

Cilok (aci dicolok )


Dari dulu pengen bikin cilok , tapinya ga tau bikinnya gimana , kemaren liat di FB-nya T.Ellen beliau ngasih tau resepnya, pas mau bikin sempet cerita sama mamah di Bandung, heuheuheu kata mamah "alaaah bikin cilok mah gampang tambahin aja ebi biar enak " asiiiik dapet resep tambahan ,dan ternyata betul setelah ditambah ebi jadinya lebih maknyos ga berasa aci saja tapi ada gurih-gurihnya ehmmm.. yummy... Makasih Mah... :) duuuh serasa nemu harta karun , maklum jajanan jaman kecil dulu :) nah siapa tau ada yg berminat bikin mangga ini resepnya yahhh .

Cilok Bandung
Bahan :
150 gr tapioca/aci
100 gr terigu

haluskan :
Udang kering 1 sdm
Ketumbar 1 sdm
Bawang putih 2 siung
Garam secukupnya

Caranya :
1 Rebus air hingga mendidih
2 Campur tapioca sama terigu dan bumbu halus + garam setelah rata masukin air hangat aduk hingga kalis
3 Bulet bulet kecil adonan lalu masukin ke air yg mendidih tadi , lalukan sampe adonan abis , terus biarkan sampe semua si cilok ngapung , udah mengapung biarkan mendidih 10 menit kemudian dan angkat, sisihkan.


Bumbu kacang :

5 buah Cabe merah
150 gr Kacang tanah , goreng dan haluskan
4 Cabe rawit merah ( kalo ga suka pedes skip)
Gula
Garam
Kaldu ayam/sapi

Caranya :

Kukus si cabe hingga lembut lalu haluskan dan tumis hingga wangi , lalu masukan kacang tanah , aduk rata dan masukan air + garam + gula + kaldu ayam , airna dikira-kira aja ga terlalu encer ga terlalu kentel. Setelah masak , masukan cilok tadi ke dalam bumbu kacang dan siap di colok ^_^ .

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails