Thursday, July 12, 2007

Ikan Masak Tauco

dapur tie punya lho..
Bahan :
500 gr ikan tengiri/ kakap merah
3 sdm tauco, cuci dan haluskan
1 buah bawang bombay iris besar
4 buah cabe merah iris serong
4 buah cabe hijau iris serong
1 batang serai
5 sdm air asam jawa
1 sdm terasi
sedikit air
garam dan gula secukupnya

bumbu halus :
4 buah cabe merah
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih

Caranya :
Rendam ikan yg sudah dipotong2 dengan air asam dan garam kurleb 15 menit, lalu cuci dan lumuri garam dan serbuk kunyit lalu goreng setelah masak sisihkan, tumis bawang bombang hingga wangi lalu masukan bumbu halus, serai, tauco , air asam dan terasi aduk rata... kalo rada kering tambah sedikit air,setelah mendidih masukan gula dan sedikit garam(tauco udah asin, kadang tie ga pake garam lagi hanya diberi gula.),setelah rata masukan cabe merah dan cabe hijau juga ikan yg dah digoreng tadi.. aduk bentar sampe rata dan siap deh..

Pandan Putih telur 2

dapur tie punya lho..
Bahan :
350 cc putih telur
250 gr gula pasir
1 sdm TBM
1/4 st vanili
200 gr terigu Segitiga Biru
20 gr maizena
30 gr susu bubuk
1/2 st baking powder
50 gr salted butter
50 gr unsalted butter
1 st pandan pasta
1 sm susu manis
50 cc santan kental matang
25 gr keju parut

Cara Membuat :

Cairkan mentega dan sisihkan ,Ayak terigu, susu bubuk, baking powder, dan maizena, lalu sisihkan.Kocok putih telur, gula, dan emulsifier sampai kaku.Masukkan tepung, Masukkan mentega, aduk rata, lalu masukkan susu kental dan pandan pasta; aduk rata.masukan dalam loyang yg udah disemir margarin lalu oven sampe masak,setelah masak dinginkan lalu belah dua cake dan beri selai blueberry lalu tumpuk dan siap deh...

oleh Nandang Rudi Kurniadi
Sumber : Bogasari

Soto Bandung





Bahan :
300 gr daging sapi
1 buah lobak yg ukuran sedang
2 siung bawang putih diiris
4 siung bawang merah iris
3 cm lengkuas
2 cm jahe
1 batang sereh dimemarkan
2 lembar daun salam
garam,gula dan merica secukupnya
3 sdm jeruk nipis(sesuai selera)

Pelengkap :
kacang Kedelei goreng
Bawang goreng
irisan daun seledri


Cara membuat :
Rebus daging hingga empuk lalu masukan serai, lengkuas, jahe ,daun salam,garam , merica dan 1/2 sdt gula, angkat daging lalu potong dadu sisihkan,tumis bawang merah bawang putih setelah wangi masukan kedalam air daging sisihkan,rebus lobak yg udah diiris dalam panci terpisah, setelah empuk lalu masukan lobaknya (air rebusan lobak ga dimasukin) dalam panci yg berisi danging dan air jeruk nipis.. setelah mendidih siap deh...
Hidangkan dengan taburan bawang goreng, kacang kedelei dan irisan seledri...
Bu Lia D'Dalvey .. monggo dibikin Soto Bandung-nya ^_^

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails