Thursday, October 06, 2011

Pizza...!!! Lbt #8



Lbt #8
Pizza ala Tie
Syanti Dewi CA 25


Tantangan kali ini bikin pizza , alhamdulillah dulu pernah bikin dan emang selalunya kalo bikin langsung ludes des des... jadinya ga nyari2 resep lain selain tetep pake resep yg dulu..

dan di tantangan kali ini tie udah diangkat sebagai Calon Anggota , huhuuy... akhirnya... CA 25 hehhehe asik kan tuuuh...

Ibu Host Teh Diah Raki... nyanggakeun :) mudah2an lulus ah tantangan kali ini , mangga yg penasaran sama resepnya .... tampa butter , telur ataupun susu hanya mengandalkan tepung , Fermipan dan air hangat... nyanggakeuuun... :)


Oh iya saus-nya tie pake bolognnese ala tie plus topping alakadar ( yg ada di kulkas/lemari )

Source: The Perfect Cookbook. David Herbert. Viking. Victoria,
Australia. 2003

Pizza

Untuk adonan dasar Pizza:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi
1/4 sdt garam
2 sdm minyak zaitun

Cara mengolahnya:
Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.

Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan.

Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat ”ab).
Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.

Panaskan oven suhu 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas ”ab).

Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails