Sunday, March 25, 2012

Wedang Serai Kolang Kaling




Kebetulan bikin wedang serai kolang-kaling eh hujan... Enaaakk.. Angeet.

Sebetulnya minggu lalu kepasar eh liat kolang-kaling , keinget waktu di Bandung si kolang kaling yg dijual diwarung-warung biasanya diwarnain terus ditusuk sate, nah disinimah putih dan dijual dlm kemasan,rasanya eeehm... jangan tanya, enak banget kolang kalingnya lembut kenyal ga nemu yg keras sama sekali , manis nya juga pas.

Beberapa hari yang lalu liat resep wedang serai ini ,jadi penasaran kebetulan si kolang kaling masih ada , eh pas jadi ternyata enaaak... kalo gini bisa ketagihan nih , soalnya enaaak... anget wangi jahe aaaahhh enak pokoknya , ga percaya ??? coba aja bikin dijamin ketagihan ~_^

Untuk menghilangkan bau dari kolang-kaling, coba merebusnya terlebih dulu secara terpisah. Rebus bersama daun pandan. Buang air rebusannya, dan kolang-kaling siap digunakan.


bahan:
200 gram kolang-kaling, dibelah dua bagian
4 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun pandan
50 gram jahe, dibakar, dimemarkan
200 gram gula pasir (sesuai selera )
1/4 sendok teh garam
1.200 ml air


Cara membuat:

1.Rebus serai, daun pandan, jahe, dan air di atas api kecil sampai harum. Saring.
2.Didihkan lagi bersama gula pasir, garam, dan kolang-kaling. Masak sampai matang dan meresap.
3.Sajikan hangat.
Untuk 4 porsi

recipe by Sajian Sedap

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails