Wednesday, March 07, 2012

English Muffin


Pertama baca tantangan duuuh senengnya , bukan apa-apa tapi lantaran tie belum pernah bikin jadinya ya seneng aja dapet resep baru :)... setelah browsing sana sini lah ko ya sreg sama resepnya mba Arfi :) jadi tie ikut resep plek tampa merubah sedikitpun :) dan ternyata emang manteeep... aaah Mba Arfi emang top deh :) xixiixi jadi kangen KBB nih :)



English Muffin

Bahan :
2 sdt ragi butiran
1/2 sdt gula
250ml air hangat
125ml susu hangat
350g tepung terigu protein tinggi
100g tepung terigu protein sedang
1 sdt garam
tepung beras atau tepung jagung halus (cornmeal)

Caranya :

Campur ragi dan gula dalam mangkuk bersisi sebagian dari air hangat. Aduk dan sisihkan selama beberapa menit, lalu tambahkan sisa air dan susu. Masukkan tepung dan garam di mangkuk besar, gunakan tangan untuk mencampur adonan ragi ke dalam adonan tepung ini. Uleni hingga tercampur rata (halus meskipun adonan akan tetap lembek--tapi tidak basah--ab). (Atau gunakan mixer memakai dough hook).

Tutup mangkuk dengan serbet bersih yang lembab (memakai air hangat--ab) dan biarkan mengembang hingga lebih dari dua kali lipat.Meksipun proses ini hanya memakan waktu beberapa jam, adonan juga bisa disisihkan selama semalaman.

Tarik sisi adonan untuk 'membuang gas' atau meratakan adonan kembali. Lalu keluarkan dari mangkuk dan bagi 8 bagian. Letakkan setiap bagian ke atas nampan yang sudah ditaburi tepung beras atau cornmeal, gulingkan hingga betul-betul terlapisi. Bentuk setiap bagian menyerupai disc tebal, setelah semua selesai, tutup nampan/baking tray ini dengan baking tray lainnya (yang ditelungkupkan ke atas nampan tadi, atau tutup saja dengan plastic wrap atau serbet bersih yang lembab--ab).Biarkan selama 20 menit,lalu sisihkan nampan penutup.

Panaskan wajan di atas api kecil. Saat menghangat, mulailah masak muffin bergantian (jika wajannya kecil; di resep disebutkan untuk memasak 4 muffins sekaligus--ab). Masak hingga matang sekitar 10 menit hingga kecoklatan, lalu balikkan dan masak dengan rentang waktu yang serupa.Ketika matang, muffins bisa dibungkus dulu di dalam serbet dapur yang bersih sambil menunggu yang lain matang.

Cara memakannya bisa dengan menarik sisi roti seperti roti sobek, dan juga bisa toasted sebelum disantap dengan mentega dan selai .

Sumber resep : Arfi b
http://www.homemadesbyarfi.com/2010/02/english-muffins.html


LinkWithin

Related Posts with Thumbnails