Saturday, May 30, 2009

KBB#11-Onbitjkoek




Tugas KBB kalo ini buat kue khas Indonesia , yg konon katanya kue ini berasal dari Netherland sana , namanya juga rada ajaib , Onbitjkoek... nah ternyata pas dicoba , asli laku keras sore bikin besok paginya ludes .. alhamdulillah...

Untuk host kali ini Lia sama Ventin , makasih ya bu host udah repot ngumpulin laporan hampir 100 anggota KBB yg lain .

Resep ini tie hanya merubah taburannya dan palm sugar , dengan brown sugar 1/2 bagian dan setengah bangiannya lagi pake gula merah , kebayang kan wanginya gula merah ehmm... apalagi dipadu rempah dari cengkeh , pala dan kayu manis yg tie blender sendiri ... bikin seluruh rumah wangi deh...


Dari proses pembuatan ga ada masalah sama sekali , lancar sekali bikin langsung puas , sampe sekarang tie udah bikin resep ini beberapa kali heheh soalnya akang suka, walau rada seret tapi tetep enak ko , mangga siapa yg berminat bikin cobain deh , ini resepnya yahhh.....

Onbitjkoek

Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

125g gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

campur rata
125g tepung terigu
1 sdt peres kayumanis bubuk
½ sdt pala bubuk
¼ sdt cengkih bubuk

50g kenari / almond , iris tipis

Caranya :

Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.


Friday, May 29, 2009

Ikan Masak Kecap



Pas belanja bulanan , tie liat ada ikan mas di g***t ... duuuh jaraaaanng banget, kadang kalo rindu pengen makan ikan mas nyarinya susah ,kecuali ikan mujair buanyak banget dijual di pasar2.. tapi tie ga begitu suka :( ,akhirnya beli 1 buah , besoknya kebetulan jeng Ari mau dateng langsung dimasak kecap... enak jadi inget masakan mama ... nah siapa tau ada yg minat tie tulis resepnya yah...

Ikan masak kecap

Bahan :
1 ekor ikan mas yg aga besar
1 buah tahu ( iris dan goreng bentar )
1 bks kecil soun ( rendam air lalu tiriskan)
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabe hijau ( cabe gembor kalo ada enak pedes )
1/2 buah tomat
4 sdm kecap manis
150 ml air
1 buah serai
daun salam , dan lengkuas secukupnya
garam secukupnya

Caranya :
Setelah ikan dicuci , potong jadi 3 atau 4 bagian dan goreng , setelah masak sisihkan ..
tumis b.merah , b.putih hingga wangi setelah wangi masukan daun salam, serai dan lengkuas , beri tomat , cabe hijau , garam dan kecap lalu masukan air , setelah cukup rasanya, masukan ikan yg sudah digoreng tadi dan tahu setelah mendidih masukan soun aduk rata biatkan sampe air rada saat :), beres... tinggal dihidangkan sama nasi anget ehm... enaaakkkk :)

Resep : Mama Tie

Thursday, May 07, 2009

Widaran Keju

Widaran Keju atau banyak yg bilang telur gabus... cemilan kesukaan tie , bedanya kalo dulu pengen makan tinggal beli sekarang kudu usaha sendiri :( ,bayangin makannya bentar aja bisa ludes satu toples tapi jangan tanya kalo bikinnya ,prosesnya itu lho lumayan perlu kesabaran walau resepnya simple ,tapi bener lho ga bakalan nyesel.. enak sih ;)

Resepnya tie liat dari blog-nya mas Budi Boga hehehe gara2 kasus buku Copas jadi sering mampir ke blog beliau , tapi jadi ada hasilnya nih :) , dapet widuran keju 2 toples ;)) . thanks ya Mas resepnya.

Bahan :
250 gr tepung kanji
2 butir telur dikocok dengan garpu
50 ml air/santan/susu cair
50 gr keju cheddar/ edam diparut
1 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat :
1. Campur tepung, keju dan garam lalu aduk rata.
2. Masukkan telur dan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan bisa dipulung.
3. Siapkan 2 wajan yang berisi minyak goreng (minyak hangat jangan yg panas cukup hangat saja biar adonan ga menempel satu sama lain). Ambil sejumput adonan, bentuk dgn kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di salah satu wajan.
4. Panaskan dengan api kecil wajan yang telah cukup penuh adonan, goreng hingga kuning kecoklatan. Lalu angkat dan biarkan minyak di wajan hangat kembali.
5. Sementara itu lanjutkan lagi membentuk adonan dan tampung di wajan kedua. Demikian seterusnya hingga adonan habis.
6. Simpan kue di wadah kedap udara.

Friday, May 01, 2009

Jangan Beli Buku Hasil Copy-Paste !!!!!


Ternyata masih inget Waktu photo tie dan resep tie , Cumi asam manis di-aku-aku diambil oleh orang bahwa resep dan photonya di posting lagi disini http://www.rasanusantara.com/ orang itu jelas-jelas menulis kalo resep dikirim beliau dan photonya diambil oleh beliau, ini link-nya
Cumi Asam Manis hasil CoPas -----> Cumi Asam Manis Asli
Karang Binaci hasil CoPas -----> Karang Binaci Asli

Jelas dong tie kesel , marah , sedih semua ada tapi ya udahlah dilupain aja terus komentar Teh Coni waktu itu , ditakutkan bukan hanya ngaku2 resep apalagi photo , takutnya mereka yg suka copas malah membukukan-nya dan menjual buku tersebut eh.. ternyata kejadian walau oleh orang yg berbeda, pengen nyari duit dengan cara yg gampang.

Beberapa hari yg lalu Mba Vivi , ngasih replay di MP dan bilang kalo ada resep yg hampir sama di buku terbitan CAM BOGA , Aneka Kue Lapis & Aneka Kue Kering semuanya resep dan photonya hasil copas ,setelah dilihat-lihat ternyata salah satunya photo tie :( payah banget yah , dan hampir semua di buku itu hasil copas , atau nyomot resep dari blog yg lain dan di tempel photo dari blog lainnya lagi semuanya lagi-lagi hasil copas , sungguh memalukan ..

Salah satunya photo ini punya tie yg ada si sus kering udah di posting dari taun 2006 link-nya

http://diajar-masak.blogspot.com/2006/12/sus-kering.html




Setelah berbagai postingan temen-temen di MP ternyata semakin terbongkar... banyak sekali buku-buku terbitan CAMBOGA yg emang semuanya hasil catutan karya blogger tanah air , duh bener-bener memalukan.

Bayangkan... mereka hanya modal dengkul untuk bisa menjual buku dan akhirnya bisa meraup keuntungan yg masuk ke kocek mereka. sedangkan kami yg membuat photo apalagi mereka yg menghasilkan resep sendiri , perlu waktu , usaha bahkan tidak menutup kemungkinan materi yg tidak sedikit .

Berbagai cara ingin mandapat hasil yg terbaik , tidak jarang untuk mendapat 1 buah photo kita harus mengambil berpuluh2 buah dan hanya satu yg terpilih , belum lagi persiapannya yg lumayan memakan waktu , duuuh bener deh itu perlu usaha bukan hanya COPY PASTE ..

Kalau saja mereka tau berbudi bahasa . coba minta ijin pemilik photo , munkin kita akan iklas bahkan dengan senang hati memberi ijin photo kita dipajang di buku mereka , tentunya merupakan suatu kebanggan stersendiri , tapi kalo di curi... asli ngenes, kesal , marah..


Jadi mari jangan pernah membeli buku hasil COPY PASTE !!!
inilah contoh buku-buku yg memalukan itu.







Photo buku ini diambil dari Mba Vivi.. orang yg pertama menemukan kenakalan yg sepertinya disengaja nah ini keterangan penerbit dari buku tersebut ( lagi-lagi dari Mba Vivi )

Penyusun : CAM BOGA (Cerdas, Aktual & Modern)
Editor : Nur'aeni & Binar Agni
Desain sampul : Echo_tea
Layout : Agus_joa
Photographer : Gandung Tri Atmojo
Alamat : Komp.Rukon Taman Pondok Kelapa B2 - Jakarta Timur - 13450
Telp: (021) 8654588 - Fax : (021) 8644195
Website : www.hifestpublishing.com

Lebih lengkapnya mangga liat deh , siapa tau ada karya temen2 dimuat di buku itu juga .. lagi-lagi sungguh memalukan :(

http://ingetvivi.multiply.com/photos/album/107/Foto2_Dalam_Buku_Resep_Bajakan?replies_read=23
http://budisutomo.multiply.com/photos/album/127
http://budisutomo.multiply.com/photos/album/126


Dan Ini link lain dari kampanye ini :

1. Om Ophoeng (terima kasih )untuk pembuatan LOGO ANTI PEMBAJAKAN
2. Rita Bellnad (Melbourne - Australia) JANGAN BELI BUKU HASIL COPY PASTE
3. Sefa Firdaus (Bremen - Germany)Foodie Blogger Indonesia vs Maling dari Negeri Sendiri
4. May Irianti (Surabaya) Dukung Kampanye Gerakan Anti Beli Buku Copy Paste
5. Yuli Nava (Detroit - USA) Awas, Awas...!! Banyak Maling Pencuri Karya Anda..!!
6. Still Life Food Group(Indonesian Food Photo Blog Community) Pencurian Hasil Karya Foodie Blogger Indonesia -
7. Foni (Panama)
Jangan Beli Buku Hasil Copy Paste!
Ayo sama sama dukung kampanye foodie blogger : JANGAN BELI BUKU COPY PASTE!
8. Rachmah Setyawati (Surabaya)Ayo Dukung Kampanye Anti Beli Buku Copy Paste
9. Mariena Payne (New Zealand) CAM BOGA
10. Evimeinar Pattern Nasution of The Art & Science of Food (Canada)Surat Terbuka Kepada Redaksi CAM BOGA
11. Sofie Minawati (Bandung - IndonesiaBerantas Buku Hasil Copy-Paste !!!!)
12. Mira Assjarif Dukung Kampanye Anti Pembajakan
13. Lintang Dewayani Pencurian hasil karya Foodie blogger Indonesia
14. Roosy Tirta (Erie USA ) Do not buy stolen and copy paste book
15. Budi Boga Puluhan Resep & Foto Budi Boga Di Bajak Penerbit Cam Boga dan Pustaka Anggrek Tanpa Ijin
16. Apa kata Detik
17. Kompas Online
18. Bagaimana menurut google

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails