Wednesday, January 30, 2008

KBB #3 Pizza




Tantangan KBB#3: Pizza
Sebetulnya Tie ikutan KBB dari tantangan ke 2 .. sayang-nya waktu itu pas acara pindahan jadi dengan sangat menyesal tie ga bisa bikin, mengingat dapur dan semua perlengkapan belum ada, dan kelar2 setelah waktu laporan dikumpulin dah abis.. tapi alhamdulillah tantangan ke 3 ini tie ikutan ;) , walau rada gemeteran soalnya ada si ragi yg susah banget ditaklukin maklum dulu sempet gagal bikin roti.

Nah KBB kali ini yg jadi host-nya Mba Irma dan tantangannya bikin pizza ,sip deh , mulai aahhh
















Tie ikutin semua petunjuk dari resep , sebentar aja adonan dah kalis dan ngembang dengan sempurna dalam 1 jam ;)














Tadinya tie mau buat mini pizza aja, mengingat tie ga punya loyang pizza , tapi lantaran adonan buanyak tie bikin juga tuh pizza ukuran besar terus lantaran ga punya loyang khusus tie pake alas microwave (ngarang.com)














Pertama kali bikin yg mini pizza sukses alias rotinya enak, mateng pokoknya bagus tapi pas yg loyang besar bagian tengahnya ga mateng, tanya2 di milis ternyata suhu oven kurang dan besoknya nyoba lagi hasilnya cukup memuaskan ;).












Kalo topping-nya tie pake saus siap pakai yg untuk pasta ,cuma tie tambahin lagi tomat seger yg tie haluskan dan oregano juga sedikit daun basil, daging cincang, sosis paprika n mushroom, ehm...enyaaakkkk banget.. pokoknya seneng banget deh, bisa bikin pizza sendiri waahhhh puas banget. Alhamdulillah tantangan ke 3 selesai, tinggal nunggu tantangan berikutnya aahhh ~_^ .




Source: The Perfect Cookbook. David Herbert. Viking. Victoria,
Australia. 2003

Pizza

Untuk adonan dasar Pizza:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)
garam (irma pakai 1/4 sdt)
2 sdm minyak zaitun (irma pakai minyak makan)

Cara mengolahnya:
Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.

Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan.

Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat ”ab).
Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.

Panaskan oven suhu 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas ”ab).

Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya.



Sunday, January 27, 2008

Opera Cake



Jaconde Cake:
200 gram Almond bubuk/ Mete bubuk
150 gram gula pasir halus
6 butir telur ayam utuh
50 gram mentega, cairkan
55 gram tepung terigu
115 gram putih telur
55 gram gula halus
Air kopi untuk siraman cake

Ganache:
500 gram Dark Cooking Chocolate, cincang
500 gram whipping cream

Instruction:Ganache:
Panaskan cream hingga panas tapi jangan sampai mendidih, matikan api. Masukkan dark cooking chocolate, aduk hingga coklat mencair dan membentuk adonan yang halus dan mengkilat. Dinginkan, inapkan dalam kulkas semalaman. Menjelang digunakan, keluarkan dari kulkas dan aduk/kocok hingga ringan dan mudah dioleskan.

Cake:
Campur almond, gula pasir dan 3 butir telur, kocok dengan mixer kurang lebih 10 menit. Masukkan sisa telur satu persatu, sambil terus kocok, dan setelah semua telur masuk, kocok kembali kurang lebih 10 menit. Masukan 2 sendok besar adonan kedalam mentega cair, aduk rata, sisihkan. Campur tepung ke dalam adonan almond aduk rata. Kocok putih telur sampai berbusa, masukan gula halus, sambil terus kocok sampai kaku tapi jangan terlalu kaku. Campur adonan almond dengan putih telur, aduk rata. Masukan mentega cair yang telah dicampur sedikit adonan, ke dalam adonan almond. Bagi kue menjadi 6 bagian ke dalam loyang ukuran 22x22 cm, panggang dengan api besar (200 derajat Celcius) kurang lebih 10 menit.

Assembling:Ambil selembar cake, siram dengan air kopi yang aromanya enak, lapis dengan ganache. Tumpuk satu lembar cake di atas cake tadi, siram cake dengan kopi dan oles dengan ganache. Demikian terus sampai semua cake habis. Masukan ke dalam kulkas kurang lebih 20 menit agar lapisannya menempel dengan mantap dan kue menjadi dingin. Siram atasnya dengan cokelat siram atau ganache cair (jika ada sisa ganache, bisa dipanaskan lagi untuk menyiram cake). Masukkan lagi ke dalam kulkas kurang lebih 1 jam hingga coklat bagian atas agak kaku. Rapihkan pinggirnya dengan pisau yang dicelup air panas. Hias sesuka hati.

by Ita Kustina

Tuesday, January 15, 2008

Pepes Tahu


Bahan :
2 buah tahu (300 gr)
10 buah udang buang kulit, belah dua
1 batang serai belah dua
7 buah cabe rawit(bila suka)
2 helai daun bawang
garam dan gula secukupnya
kalo ada tambahkan daun kemangi

Bunbu halus :
3 buah cabe merah
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih

hancurkan tahu campurkan dengan semua bahan lalu bagi dua dan kukus kurleb 30 menit siap deh... gampang kan..

recipe by Syanti Dewi

Wednesday, January 02, 2008

Bandeng Presto


Bandeng Presto , jangan salah ini satu2anya ikan yg tie suka dari dulu.. makanya setelah pindah ke SG ,sebel banget lantaran ga tau masaknya dan disini ga ada, terus rada terobati pas Fitta ada tie sering titip bahkan pernah titip 5 bungkus yg isi 4,sampe di frezzer isinya 20 bandeng presto,kebetulan di MP-nya Teh Yusy ada resepnya setelah dicoba ternyata enaakkkk banget ;)) syukur alhamdulillah deh, nuhun ya teh resepnya.

Bahan:
1 kg ikan bandeng segar(milk fish)
1 sdm yeast
4 sdt garam
3 sdm air asam
10 lembar daun salam
10 cm lengkuas,iris,memarkan
1,5 liter air

Bumbu halus:

7 siung bawang putih
5 siung bawang merah
4 cm jahe
4 cm kunyit tua

Caranya1:
Sayat bagian atas kepala bandeng terus potong hingga ke ekor bandeng tapi bagian perut jangan diputuskan,cuci bersih lalu tiriskan. Lumuri bandeng dengan yeast dan garam,diamkan kurleb 1 jam ,olesi bandeng dengan bumbu halus dengan rata ,Taruh 1 liter air dalam panci bertekanan (pressure cooker),taruh saringan diatasnya,taruh bandeng berbumbu diatas saringan,beri daun salam dan lengkuas Masak hingga panci berdesis kurleb 30 menit,dinginkan panci,buka tutupnya,beri lagi air,masak lagi kurleb 30 menit sejak panci berdesis hingga air habis,bandeng lunak ,angkat,dan tiriskan,sajikan bersama sambel....


Tips : potong bandeng menjadi 2 atau 3 bagian , biar ga kaya photo diatas maksain dibikin 1 eh kepala bandeng ilang deh kelipet ~_^

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails