Wednesday, June 24, 2009

Woro woro



Buat pelanggan Rumahkue-Tie...

Mulai tgl 28-06-2009 sampe tgl 10-07-2009 , sementara ga bisa ngambil orderan dulu yahhhhh... berhubung yg punya warung mau jalan-jalan dulu , penyegaran dikit , insyaAllah setelah tgl 10 Jully warungnya baru buka lagi yahh :)
Makasih banyak yahhhhhh

Regards,
Syanti
Rumahkue Tie

Bika Ambon


Tie liat status ada temen di FB mo bikin bika ambon , haduh jadi ikut-ikutan ngiler ,langsung nyari resep dan cek n ricek bahan, alhamdulillah ada semua kecuali santan... dibela- belain turun dulu tuh nyari santan . Pas nyoba ehmmm ternyata butuh kesabaran lho bikinnya tapi emang enak ko , ga percaya ??? sok cobain deh...

Enak lho bisa mengobati kerinduan bika ambon dari medan yg membelai lidah xixiixi dan yg pasti entar sore akang juga udah ada cemilan buat temen minum teh :) mudah2an aja akang suka ;) . yg mau resepnya ini yahhh.
Oh iya pengen tau kenapa bika ambonnya pendek ??? lantaran tie bikin cuma 1/2 resep tapi pake loyang yg gede jadinya tipis deh , gpp yg pasti enak , percaya ga sekarang tinggal 1/2 loyang dari tadi di iris lagi dan lagi... duuuh akang cepetan pulang xixii takut keabisan nih...;)).


Bahan biang :
2 bungkus ragi instan
50 ml air hangat ( tie 60ml )

Adonan :
300 ml santan kental ( pake santan Instan K**A )
2 batang serai memarkan
10 lebar daun jeruk
10 butir kuning telur
200 gr gula ( tie 240 gr )
150 tepung sagu
2 sdm tepung terigu
2 butir telur utuh

Caranya :

Buat biang terlebih dahulu , aduk ragi isntan dan air hangat lalu diamkan 15 - 20menit , Rebus santan dan daun serai juga daun jeruk hingga mendidih , angkat saring dan dinginkan. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental , lalu masukan tepung sagu , terigu dan aduk rata , lalu masukan adonan biang aduk perlahan terakhir masukan santan aduk rata lalu diamkan selama 2 jam . Panaskan oven 180'C siapkan loyang yg sudah disemir margarine lalu tuang adonan dan panggang mengunakan api atas dan bawah sambil buka ovennya sedikit , setelah 30 menit atau setelah keliatan berongga , matangkan dengan api atas :)

Resep dari buku Cooking With Love ( Bunda Inong )



Saturday, June 13, 2009

Nasi Kebuli


Dulu pernah nyoba nasi kebuli di rumahnya fitta ternyata enakkk pas kemaren kebetulan akang ultah jadi terlintas pengen nyoba bikin , nyari2 resep dan dapet dari MP-nya Sefa (iniaku.multiply.com) dan juga liat di buku resep , Ehm.. ternyata beda jauh resepnya.. tapi tie lebih milih resep yg punya-nya Sefa , tapiiiii... tie campurin dikit bahannya dari buku tadi (ada penambahan susu ) jadilah resep ini , kalo kata akang sih enakkk ,guriiih... , wangii jadi kaya nasi minyak-nya orang melayu , penasaran ???? sok cobain deh -_^ .

Bahan :

1/2 kg daging kambing potong sesuai selera
1/2 kg beras basmati, rendam dengan air selama 30 menit
1 sdt pasta tomat
8 buah cengkeh
6 buah kapulaga
1 batang kayu manis
1/2 siung bawang bombay, cincang halus
3 sdt ghee (minyak sapi )
750 ml air panas
100 ml susu evaporated
Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:
1/2 bawang bombay
3 siung bawang putih
3 buah cabe merah
3 sdt ketumbar bubuk
1 1/2 sdt jinten bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas

Pelengkap:
Kismis, tumis sampai kismis mengembang

Caranya :
1. Panaskan 2 sdt ghee. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu tambahkan bumbu halus, cengkeh, kapulaga dan kayu manis; tumis sampai harum.
2. Masukkan daging kambing, masak sambil diaduk sampai air dari daging kambing habis dan keluar minyaknya.
3. Tambahkan air panas, masak dengan api kecil sampai daging kambing setengah empuk.
4. Masukkan pasta tomat , aduk sebentar sampai pasta tomat larut, lalu masak kembali dengan api kecil sampai daging kambing empuk.
5. Tumis sebentar beras dengan 1 sdt ghee. Masukkan beras dan susu dalam rebusan daging kambing. Tutup panci dengan aluminium foil dan kemudian tutup dengan tutupnya. Masak dengan api kecil selama 15 menit.
6. Setelah 15 menit, matikan api, buka sedikit aluminium foil dan biarkan uap keluar sekitar 1 menit. Tutup kembali dan biarkan selama 5 menit. Angkat dari api dan siap untuk disantap bersama pelengkapnya.

Catatan:
Karena beras sudah direndam dahulu selama 30 menit, perhatikan waktu penambahan air matang (bila air kaldunya tinggal sedikit), jangan sampai terlalu banyak.

Kalau mengunakan beras biasa , beras tidak perlu direndam dulu.

Friday, June 05, 2009

Ayam Kalasan ala Pondok Gurame


Bongkar bongkar buku resep nemu resep ini , keliatannya ga susah , langsung deh dibikin dan ternyata emang enaaakkk .

Bahan :
1 ekor ayam
300 gr gula merah
3 helai daun salam
1/2 gelas air kelapa
1/2 liter air
2 sdm kecap manis
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
200 gr lengkuas
200 gr bawang merah
200 gr bawang putih
1 sdt garam

Caranya :
Rebus ayam dengan semua bumbu diatas hingga mendidih , setelah mendidih kecilkan api , lanjutkan merebus hingga bumbu meresap dan angkat .Panaskan minyak lalu goreng ayam tadi hingga rada garing atau sesuai selera. selain digoreng kalo suka langsung dibakar juga enak lho... coba deh ;) , pas makannya selain nasi anget jangan lupa bikin sambelnya yahhh hhehehhe biar makannya nambah ;)

Wednesday, June 03, 2009

Ayam Bumbu Bali



Sore-sore bingung mau masak apa .. liat2 di buku resep Recipi Pesta Perut , akhirnya tertarik sama ayam bumbu bali ini tentunya dengan sedikit modipikasi sesuai selera akang dan tie yg sukanya pedes-pedes , setelah kusrang kosreng di dapur ga lama jadi deh ;).. enak lho sok cobain kalo ga percaya , kata akang mah rasanya seperti rendang ayam :) .

Bahan :
1 ekor ayam potong 10
1 sdm gula
2 sdm air limau
150 ml santan kental
3 helai daun pandan
10 buah cabe rawit merah
garam secukupnya dan minyak untuk menggoreng

BUmbu halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm jahe
4 buah cabe merah
4 buah cabe rawit merah ( kalo ga suka pedes skip aja )
3 buah kemiri
2 sdm kecap manis

Caranya :
Goreng ayam 1/2 matang atau di panggang hingga berubah warna lalu sisihkan.
Tumis daun pandan sampe wangi lalu masukan bumbu halus aduk rata sampe wangi lalu masukan gula , air limau , garam , cabe rawit , dan santan setelah mendidih masukan ayam lalu biarkan hingga bumbu meresap dan kuah pekat.
Enak dihidangkan panas2 , dan kalo mau di panggang juga enak lho .. tinggal masukin ke oven , panggang sambil diolesin sisa bumbunya hingga aga kecoklatan beres deh :)

Resep asli : Hj Habibah Djais

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails