Sabtu, Maret 01, 2014

Churros



Churros atau sering disebut Spanish Donut , cemilan yang berasal dari negeri Spanyol ini memang layak diacungkan jempol , selain bahannya yang mudah dan cara pembuatannya juga ga ribet tetapi rasanya emang enak,bahkan kalo kata saya sih bikin ketagihan..

Dulu pernah juga bikin churros tapi pake resep cream puff rasanya ga terlalu enak karena pemakaian telur yang banyak akhirnya churros jadi berminyak bahkan bentuknya saja tidak menarik.Tapi sejak dapet resep ini Disini tie jadi sering banget bikin churros ,cocok banget sama resep ini , selain kulitnya renyah bagian dalamnya lembut dan yg penting churros tidak begitu berminyak... enaaakkk..!!


Mangga siapa tau ada yang pengen nyoba bikin... ini resepnya..


Churros

Bahan :
1 1/2 sendok makan gula
1/2 sendok teh garam
1 cup terigu
2 sendok makan minyak sayur
1 cup air

Untuk Taburan

1/2 cup gula kastor
1 1/2 sendok teh kayu manis bubuk


Cara Membuat :
1. Masak air , gula , garam dan minyak sayur hingga mendidih lalu matikan api.Masukan terigu, aduk cepat hingga rata.

2. masukan adonan dalam piping bag ( plastik segitiga)kalo boleh doble pake piping bag-nya soalnya adonan churros lumayan padet.Pakai spuit berbentuk bintang yg rada besar.

3. Panaskan minyak dengan api sedang , spuitkan adonan langsung ke dalam minyak , lalu gunting adonan dan goreng adonan hingga kuning kecoklatan , lakukan hingga adonan habis...

4. Setelah Churros aga dingin balut dengan bahan taburan atau bisa juga disajikan dengan saus coklat..

Recipe By Kelly Senyei

Senin, Februari 24, 2014

Panada


Panada,kue khas Manado yang ternyata bukan hanya ada di Indonesia tapi justru ada di banyak negara.. tentunya dengan nama yg berbeda.Empanadas Origin Spanyol n Portugal , Asia: Philipine, Makasar (Sulawesi/Indonesia), bahkan di Singapore ada juga cemilan yg seperti ini kita biasanya sebut Pau goreng dan isinya beragam dari yg manis sampai yg asih , kalo yang manis biasanya dikasih kacang merah tapi kalo yg asin biasa dikasih sambal ikan bilis (teri) rasanya pedas pedas manis...

Tempo hari tergoda bikin bareng ma temen... nyari resep yang ga terlalu ribet akhirnya dapet resep di Sajian Sedap dan kita bikin rame-rame.. seru sambil bikin adonan , ngebentuk sampai ngegoreng ga berhenti ngobrol ngalor ngidul , ketawa sana sini ,kerjaan yg harusnya makan waktu lumayan banyak , jadi selesai dengan cepat... ah pokonya mah seru banget hehhehe


Mangga buat yang pengen resepnya... tie pakai resep Sajian sedap tapi bagian isinya disesuaikan dengan bahan -bahan yg ada pada waktu itu... satu yang pasti panada ini enaknya kalo pedes pedes... jadinya nikmat , jangan lupa siapkan air teh anget... beuuh.. dijamin makan lebih dari satu hehehhe selamat mencoba... :)


Panada
modified by Syanti Dewi

Bahan :

250 gram tepung terigu tinggi protein
1 butir telur
1 sendok makan ragi instan
1 sendok makan gula pasir
2 sendok makan mentega
100 ml air
garam secukupnya
minyak untuk menggoreng

bahan isi:

300 gram ikan tongkol
1/2 sendok teh air jeruk nipis
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
50 ml santan (tie pakai Kara )
3 tangkai daun kemangi
1 sendok makan minyak, untuk menumis
garam dan gula secukupnya

bumbu halus:
1 buah tomat kecil
5 buah cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
4 butir kemiri, disangrai


Cara membuat:

1. Isi, lumuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis.

2.Diamkan 10 menit,panggang dlm oven sampai matang. Angkat dan suwir-suwir.
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Masukkan santan , garam dan gula pasir aduk rata ,test rasa kalo cukup garam dan gula baru masukan ikan tongkol. Aduk rata, masak sampai meresap terakhir masukkan daun kemangi. Aduk sampai layu. Angkat dan dinginkan.

3. Campur adonan kulit jadi satu uleni sampai elastis. Diamkan selama 30 menit atau kurang lebih 1jam.

4. Kempiskan adonan dengan cara meninjunya. ambil sebagian Pipihkan lalu isi dengan adonan isi. Bentuk seperti pastel. Goreng hingga matang. Gunakan api sedang agar Panada matang sampai di dalam.

Sumber Resep : Sajian Sedap


Sabtu, Februari 01, 2014

Aja Aja Fighting..!!!

Tampa terasa setahun lebih dapur maya ini ga di update... kangen posting tapi rasanya males banget mengusir rasa malas yg tiada akhir...

Tadinya tie berhenti dengan sangat terpaksa lantaran terkena carpal tunnel syndrome , yg penasaran dengan carpal tunnel sydrome mangga lihat Disini , sebetulnya sakitnya udah lama banget, tiap kali ke dokter jawaban nya pun sama harus surgery, tentu ngeri , takut dan cemas akhirnya lantaran ga berani jadinya walau sakit berusaha ditahan aja, hari berganti makin lama kelamaan bener2 ga kuat dan akhirnya nyerah..



Setelah operasi mau ga mau harus rehat sementara , menghindari laptop , hp ataupun kerjaan rumah ,berhenti terima pesenan , berhenti baking.. dan setelah selang beberapa bulan yg tadinya rindu banget baking eh malah jadi malas pula ehhehehe...

Kali ini di tahun 2014 , membulatkan tekad ingin kembali mengisi setiap page di blog ini dengan resep resep yg pernah tie coba di dapur mungil tie , selain untuk arsip pribadi , siapa tau bisa bermanfaat buat yang lain yg sama-sama sedang belajar masak ataupun baking...

Bismillah... mudah2an semangatnya ga ilang lagi... Ayooo Syanti... AJA AJA FIGHTIIING..!!!! :D

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails