Friday, March 25, 2011

Siomay



Beginilah kalo tukang merusak resep dapet resep baru :P alhamdulillah dikasih resep siomay sama juragan siomay S'pore setelah beberapa hari sebelumnya nyoba makan siomay beliau , enaaaaak banget xixiix , padahal dari dulu pengen banget bikin cuma entah kenapa baru sekarang prakteknya ;)) resep ini berhasil tertaklukan , ehm... masih ada resep siomay satu lagi kayanya besok2 bakalan di oprek juga nih :P

SIOMAY (T Ellen)

Bahan:
400 gr campuran ayam dan udang yang sudah diproses halus
2 butir telur
150gr sagu
100gr terigu
2 batang seledri atau daun bawang
1/2 sdt merica bubuk
3 siung bawang putih,haluskan
2sdt gula pasir
1sdm kaldu bubuk
1sdm kecap asin/ikan
1/2 sdt garam
1sdm ebi yg sudah dihaluskan
1 buah labu siam,parut halus
air es secukupnya
kulit pangsit

SIOMAY (Tie)

300 gr ayam
200 gr udang
200 gr ikan tengiri
2 butir telur
150gr sagu
100gr terigu
2 batang daun bawang
1/2 sdt merica bubuk
3 siung bawang putih,haluskan
2 sdt gula pasir
1 sdm kaldu bubuk
1 sdm minyak wijen
1 sdm peres garam
1 sdm ebi yg sudah dihaluskan
1 buah labu siam,parut halus
air es secukupnya
kulit pangsit

Caranya :

campur ayam,udang ,ikan dan bahan lainnya kecuali tepung.aduk rata.sesudah itu masukkan tepung .ratakan.beri air es sedikit demi sedikit.adonan jangan terlalu padat supaya hasilnya tidak alot.
letakkan kulit pangsit di cetakan bolu kukus/gelas cucing/cetakan talam.isikan dengan adonan..lalu kukus hingga matang


BUMBU KACANG
pake dikira2 aja yah..

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah
Rawit merah

tie mah semua bumbu di kukus setelah lembut haluskan lalu tumis setelah wangi masukan kacang yg udah dihaluskan , terus tambah air panas (yang banyak,sampai adonan tidak terlalu kental)garam,gula pasir,kecap manis..aduk rata.cicipin sampai rasanya pas..masak dengan api sedang sampai bumbu kacang ini keluar minyaknya.matikan api.

Hidangkan siomay dengan tambahan sambal . kecap dan jeruk purut ehm... enaaaak :)

Original recipe by Ellen
modifikasi by Syanti Dewi

Thursday, March 24, 2011

Cenil

Cemilan jadul selain awug, lupis bahkan juga cenil dan beberapa cemilan yg lainnya biasanya dijual sama emak-emak yg keliling kampung.. dari semua jenis cemilan tie selalu milih cenil , suka sama sensasi kriuk2 pas si gula ke makan atau juga pas si kenyal kenyal nikmat waktu ngunyak si cenil ini.

Beberapa waktu yg lalu pernah nyoba resep pakai tepung kanji , pas beberapa waktu yg lalu nyoba makan dirumah temen eh nemu si cenil pas dicoba ehm... enaaaak ,tanya punya tanya ternyata beliau pakai tepung ketan tapi kalo dihiat semua caranya hampir sama baik pake tepung ketang atau tepung kanji/sagu, ehm... wajib dicoba dan setelah dicoba alhamdulillah eeehmm.... sampe menjilat jari ;) mau nyoba mangga silahkan gampil lho ;).

Cenil
Bahan :
Tepung ketan/tepung kanji
air
gula
kelapa

Caranya : Campur tepung ketan dengan air hingga bisa di pulung, bagi 3 adonan dan beri warna lalu buat bulatan kecil dan pipihkan , masukan dalam air yg sedang mendidih biarkan hingga mengapung lalu angkat.

Kalo dari tepung kanji caranya seperti bikin cireng harus bikin biang dulu (didihkan air secukupnya lalu masukan sedikit tepung kanji lalu aduk hingga rata) setelah adonan biang ada masukan sisa tepung kanji sampe adonan bisa dipulung dan potong2 lalu rebus. kukus kelapa (tie lebih suka dimasukan ke microwave ) lalu campur kelapa dengan gula pasir dan masukan cenil tadi ke dalam kelapa+ gula beres deh... Gampangkan , hayooo yg suka monggo dicoba dijamin ga bakalan gagal :)

Sunday, March 06, 2011

Pisang Aroma



Pengen cemilan yg satu ini sebetulnya ga susah , gampaaaang banget tapi sayangnya disini nyari pisang ga gampang jadi aja setiap kali pengen bikin adaaaaa aja , udah beli kulit lumpia eh si pisang ga ada.

Kemaren kebetulan keluarga akang mau dateng , udah nitip aja sekalian minta dibeliin pisan dan alhamdulillah dapet jadi sekses juga bikin pisang aroma kali ini , mangga selamat menikmati ;) hehehhe resep tinggal klik aja judulnya yaaaaah... ;)

Dadar Gulung 2



Cemilan yg satu ini paling disuka keluarga akang ,kalo bikin 1 resep sebentar aja bisa langsung ludes :D,makanya kalo tie lebih suka bikin isinya dibanyakin jadi kapan aja mau makan tinggal bikin kulitnya, praktis kan... ;)

Bahan :
2 btr telur
250 gr tepung terigu
500 ml santan
½ sdt garam
2 tetes pewarna hijau
minyak goreng untuk polesan

Bahan isi :
½ btr kelapa parut
150 gr gula jawa sisir halus
2 lbr daun pandan
100 ml air


Cara :
Dadar :

Taruh tepung dalam wadah, beri telur dan garam, aduk sambil tuangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis dan menjadi adonan encer. Beri pewarna hijau, aduk rata.
Siapkan wajan dadar.olesi dgn minyak.tuang lk. 2sdm adonan,bentuk dadar tipis, angkat,sisihkan.
Ambil selembar kulit.letakkan 1sdm adonan isi.lipat dan gulung.seperti amplop.

Isi :
Campur semua bahan dalam wajan biasa, masak dengan api kecil hingga menjadi adonan inti.

Resep by Fatmah Bahalwan

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails