Sunday, March 18, 2012

Ddeokbukki



Jujur setiap liat film/drama korea suka banget liat mereka makan cemilan yg satu ini , duuuh bikin penasaran , nyoba nyari2 eh nemu resep di Aeriskitchen , wajib dicoba inimah.

Dan ternyata memang setelah nyoba sekali malah jadi ketagihan rasanya yang kenyal kenyal nikmat belum saus-nya yang pedas manis aaaahh... enaaak :)untung di Aeriskitchen ngasih tau cara bikin sticky rice cakes soalnya kalo beli disini ga ada halalnya :( yang penasaran... mari bedah reseeep ;)



Ddoekbukki

Bahan :

1 resep sticky rice cake (u/resep klik judul diatas yah)
1 bungkus fish cakes
1 buah wortel iris melintang
Koll secukupnya iris kasar
2 batang daun bawang iris sedang
1/2 siung bawang bombay , iris kasar
3 cup air
1 sdm ikan bilis ( ikan teri )
1/2 sdt kaldu ayam
1 sdm soy souce
1 siung bawang putih cingcang halus
2 sdm red papper powder/serbuk chilli
3 sdm chilli paste ( tie bikin sendiri dari chilli kering yg udah direndam beberapa lama lalu di blender dengan bawang merah +b.putih)
gula secukupnya

Caranya :

Siapkan sticky rice cakes , lalu didihkan 3 cup air rebus bersama ikan bilis dan fish cake , setelah kaldu dari ikan bilis keluar angkat ikan bilis dan fish cake lalu masukan red papper souce, papper powder ,1/2 sdm kaldu ayam , bawang putih , bawang bombay,soy souce biarkan hingga mendidih

Setelah mendidih masukan rice cakes , beri sedikit garam dan gula secukupnya dan masukan fish cake yang sudah di potong tipis ,setelah cukup rasa , masukan kol , wortel aduk rata dan tutup wajan biarkan hingga sayur cukup matang , terakhir masukan irisan daun bawang aduk rata dan Ddeokbukki siap dihidangkan... oh iya kalo kuah terlalu pekat , tambahkan lagi sedikit air dan aduk rata ;)

original recipe by http://aeriskitchen.com/
modifikasi by Syanti Dewi sesuai isi dapur Punggol ;)

ini penampakan fish cake , biasanya banyak banget bentuk fish cake ini ada yg bulet lonjong seperti pempek dan ada juga yg lembaran, tapi tie lebih suka yg ini ga tau kenapa , untuk bikin 1 resep Ddeokbukki , cukup pake 1 bungkus fish cake tapi kalo mau dibanyakin juga gpp , enak soalnya :)




Sebetulnya disini banyak banget dijual rice cakes tapi ya itu ga ada halalnya dan setelah baca ingredient di dalemnya ada alcohol entah dipake buat apa yg pasti jadi was was ahhh mending bikin diri aja toh tetep bahan dasarnya dari tepung beras yg ada jadi yakin ga takut2 ;)

Begitu juga dengan Gockujang souce , disini banyak dijual dan lagi2 tie ga nyerasa yakin lantaran ga ada halal-nya , tapiiii.... pake red papper paste sendiri atau disini dibilang chilli boh alhamdulillah si ddeokbukki masih enak dinikmati :)

Easy Pancake



Kalo pagi emang maunya nyiapin sarapan yg cepet dan gampang... kebetulan dirumah lagi ada ponakan yg tadinya ga terlalu mikir kalo sarapan , buat akang cukup nyiapin roti + butter atau selai dan kopi kali ini harus uprek di dapur xixiixix gpp tapi seneng juga sih apalagi pas liat si Baim makan dengan lahap... alhamdulillah.

Pancake yg tie buat terlihat lebih flat/rata lantaran pemakaian baking powder yg sedikit kali yah ... tapi kalo mau ngikit resep harus 2 sdm duuuh buanyak banget , malah ga tega make-nya ;)) lain kali mau nyoba 2 sdt aja ahhh biar rada ngembang cantik oh iya yg penasaran... mangga.... ;)

Easy Pancake

Ingredients...
1 cup all-purpose flour
2 tablespoons white sugar
2 tablepoons baking powder (me 1 teaspoons)
1/2 teaspoon salt (me 1/4 tsp )
1 egg beaten
1 cup milk
2 tablespoons vegetable oil

Directions1.In a large bowl, mix flour, sugar, baking powder and salt. Make a well in the center, and pour in milk, egg and oil. Mix until smooth. 2.Heat a lightly oiled griddle or frying pan over medium high heat. Pour or scoop the batter onto the griddle, using approximately 1/4 cup for each pancake. Brown on both sides and serve hot.

recipe By: Sharon Holt @ Allrecipe.com

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails