Wednesday, January 30, 2008

KBB #3 Pizza




Tantangan KBB#3: Pizza
Sebetulnya Tie ikutan KBB dari tantangan ke 2 .. sayang-nya waktu itu pas acara pindahan jadi dengan sangat menyesal tie ga bisa bikin, mengingat dapur dan semua perlengkapan belum ada, dan kelar2 setelah waktu laporan dikumpulin dah abis.. tapi alhamdulillah tantangan ke 3 ini tie ikutan ;) , walau rada gemeteran soalnya ada si ragi yg susah banget ditaklukin maklum dulu sempet gagal bikin roti.

Nah KBB kali ini yg jadi host-nya Mba Irma dan tantangannya bikin pizza ,sip deh , mulai aahhh
















Tie ikutin semua petunjuk dari resep , sebentar aja adonan dah kalis dan ngembang dengan sempurna dalam 1 jam ;)














Tadinya tie mau buat mini pizza aja, mengingat tie ga punya loyang pizza , tapi lantaran adonan buanyak tie bikin juga tuh pizza ukuran besar terus lantaran ga punya loyang khusus tie pake alas microwave (ngarang.com)














Pertama kali bikin yg mini pizza sukses alias rotinya enak, mateng pokoknya bagus tapi pas yg loyang besar bagian tengahnya ga mateng, tanya2 di milis ternyata suhu oven kurang dan besoknya nyoba lagi hasilnya cukup memuaskan ;).












Kalo topping-nya tie pake saus siap pakai yg untuk pasta ,cuma tie tambahin lagi tomat seger yg tie haluskan dan oregano juga sedikit daun basil, daging cincang, sosis paprika n mushroom, ehm...enyaaakkkk banget.. pokoknya seneng banget deh, bisa bikin pizza sendiri waahhhh puas banget. Alhamdulillah tantangan ke 3 selesai, tinggal nunggu tantangan berikutnya aahhh ~_^ .




Source: The Perfect Cookbook. David Herbert. Viking. Victoria,
Australia. 2003

Pizza

Untuk adonan dasar Pizza:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)
garam (irma pakai 1/4 sdt)
2 sdm minyak zaitun (irma pakai minyak makan)

Cara mengolahnya:
Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.

Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan.

Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat ”ab).
Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.

Panaskan oven suhu 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas ”ab).

Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya.



LinkWithin

Related Posts with Thumbnails