Sunday, November 08, 2009

Cilok (aci dicolok )


Dari dulu pengen bikin cilok , tapinya ga tau bikinnya gimana , kemaren liat di FB-nya T.Ellen beliau ngasih tau resepnya, pas mau bikin sempet cerita sama mamah di Bandung, heuheuheu kata mamah "alaaah bikin cilok mah gampang tambahin aja ebi biar enak " asiiiik dapet resep tambahan ,dan ternyata betul setelah ditambah ebi jadinya lebih maknyos ga berasa aci saja tapi ada gurih-gurihnya ehmmm.. yummy... Makasih Mah... :) duuuh serasa nemu harta karun , maklum jajanan jaman kecil dulu :) nah siapa tau ada yg berminat bikin mangga ini resepnya yahhh .

Cilok Bandung
Bahan :
150 gr tapioca/aci
100 gr terigu

haluskan :
Udang kering 1 sdm
Ketumbar 1 sdm
Bawang putih 2 siung
Garam secukupnya

Caranya :
1 Rebus air hingga mendidih
2 Campur tapioca sama terigu dan bumbu halus + garam setelah rata masukin air hangat aduk hingga kalis
3 Bulet bulet kecil adonan lalu masukin ke air yg mendidih tadi , lalukan sampe adonan abis , terus biarkan sampe semua si cilok ngapung , udah mengapung biarkan mendidih 10 menit kemudian dan angkat, sisihkan.


Bumbu kacang :

5 buah Cabe merah
150 gr Kacang tanah , goreng dan haluskan
4 Cabe rawit merah ( kalo ga suka pedes skip)
Gula
Garam
Kaldu ayam/sapi

Caranya :

Kukus si cabe hingga lembut lalu haluskan dan tumis hingga wangi , lalu masukan kacang tanah , aduk rata dan masukan air + garam + gula + kaldu ayam , airna dikira-kira aja ga terlalu encer ga terlalu kentel. Setelah masak , masukan cilok tadi ke dalam bumbu kacang dan siap di colok ^_^ .

6 comments:

Nien said...

teh mo nyoba ciloknya ya ..tfs

Mari Masak said...

weuuh matak kabita,ikut praktekin resepnya ya...makasih

ABC Moms said...

Kayaknya menarik u dicoba...tp kira kira bakalan. Lembek gak ya pas direbus? Soalnya pernah bikin adonan bakso yg digiling sendiri kok klo di rebus jd meleber dan bentuknya gak bulet lagi....apa tipsnya ya teh biar tetep bulet

tie said...

Tie 2 Mari MAsak...

mangga silahkan mudah2an cocok yah resepnya ;)

Tie 2 ABC Mom,

hehheh alhamdulillah ga bleber tuh , coba deh mudah2an cocok ;)
yg pasti kalo tie , adonan di belat2 langsung dimasukin ke air yg mendidih jadi hasilnya cantik...

deasy indah said...

teh Tie, kok ciloknya keras ya? huhuhu

Syanti Dewi said...

Deasy Indah ...

ini biasanya pas banget kenyalnya , mungkin waktu nguli adonan kurang air ?? Atau Kalo mau lebih kenyal bisa juga sih komposisi tepung kanji (aci) plus terigunya diganti , jadi si tepung kanji ditambah , tepung kanji (aci) 150 gr , terigu 100 gr

Mudah2an cocok yaaah...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails