Saturday, January 13, 2007

Mie Bandung ala Tie



Namanya aja Mie Bandung sebetulnya di Bandung ga ada mie kaya gini, yang ada orang Singapore yg asal bikin nama hi..hi.., tapi disini terkenal lho.. pertama makan rada aneh tapi sekarang wah... kalo males masak aja mie bandung jadi pilihan.. enak sih...

Bahan :
250 gr mie kuning (untuk 2 porsi)
10 udang segar buang kepala dan kulit badan
3 cumi ukuran sedang
100 gr daging potong tipis

2 butir telur
sawi secukupnya
4 sdm saus tomat
3 gelas air
1 sdm tepung maizena larutkan dng air
garam dan gula secukupnya


Bumbu halus
8 buah cabe merah ( biasanya tie pake 3 sdm *chilli boh )
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih



Chilli Boh - cabe kering yg sudah direndam sehingga mengembang semula lalu di blender , menggunakan chlli boh/cabe kering lebih cakep lantaran kuah mie bandung lebih kental , pedas dan merahnya cakep ;)

Caranya:

-Tumis bumbu halus setelah wangi masukan daging setelah daging rada lembut masukan udang, cumi, lalu masukan saus tomat, air, garam dan gula..

-Setelah mendidih masukan telur usahankan jangan pecah lalu setelah telur matang angkat sisihkan.

-Lalu masukan mie kuning dalam kuah tadi biarkan sampe masak ,masukan sawi dan terakhir masukan larutan tepung maizena,

- Siap deh.. hidangkan mie dalam mangkuk lalu simpan diatasnya telur tadi... enyak lho...rasanya kuahnya kaya nano-nano ada manis, asem juga pedas... dasyat lho..


Oh Iyah.. bumbu halus bisa juga diganti dengan chilli boh selain rasanya lebih maknyos penampakannya juga lebih menarik ( cabe kering yg sudah direndam hingga lembut dan diblender bersama bawang merah dan bawang putih ) , Photo diatas mengunakan chilli boh , photo bawah mengunakan cabe segar...


- Resep tadi cukup untuk makan dua porsi , Tie ma Akang hi..hi..(dua-duanya gembul sih..)

Mie Bandung Ala Tie

7 comments:

Anisa said...

kayaknya uenak nih...mau coba ah....

Miming said...

Kayak mie tek tek ya Tie...
Apalagi kalo dipedesin, capek2 langsung ilang deghhh ouuwww....

ira said...

tie..katimu deui di dieu..ira pernah ma anak2 makan mie bdg ini di pasar dkt changi hotel gitu..wah, lupa lah, tos lami..uenak memang.. kumaha damang?

riesty said...

tie Laper nih.. numpang mamam yah... ihihi..
Enak tuh dingin2 mamam mie bandung.

Hany Von Gillern said...

barusan tak kopi resepnya, trus ke dapur bikin untuk mkn siang ...dingin-dingin, makan panas pedes pasti uenak tenan ... mau tak promosiin ke adik neh yang mau lewat singapore, yang deket bandara ada gak Tie?

JUDE said...

patut dicoba ini, mb.. mks resepnya ya

Ike Hermawan said...

betul kyk mie tek tek....cobain ah...resepnya teh Syanti...:D

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails