Sunday, January 07, 2007

Lupis

dapur tie punya lho..
Lupis...oh..Lupis..tie suka lho kenyal-kenyal nikmat..
Bahan :
1 kg ketan putih cuci dan rendam +/- 2 jam
air kapur sirih secukupnya +/- 1 sdm
kelapa parud secukupnya,kukus +/- 15 menit
daun pisang untuk bungkusnya..

250 gr gula merah
gula putih secukupnya
2 gelas air
1 sdm tepung maizena
1 lembar daun pandan

Caranya :
-setelah direndam angkat ketan putih dan siram dengan air kapur sirih ratakan, bungkus segitiga dengan menggunakan daun pisang lalu ikat dan rebus selama 4 jam lalu angkat dan dinginkan

-untuk kuahnya, rebus gula merah,daun pandan dan air lalu saring beri sedikit gula putih(sesuai selera)biarkan mendidih lalu tambahkan tepung maizena yg sudah dilarutkan setelah aga larut angkat dan dinginkan..

-penyajian : ambil lupis lalu lumuri dengan kelapa parut yg sudah dikukus lalu siram dengan air gula merah , siap deh.. tie suka makan dingin2.. ehmm.. enak.. kenyal-kenyal nikmat.

-kalo ga ada kapur sirih juga bisa lho, enak juga... cuma waktu ngisi ketan ke daun pisangnya mesti penuh dan ikat kuat2 jadi ga lembek, anyway my mother in law pake abucang, nah lho ga tau kan abucang tu ape..bentuknya kaya batu kapur tapi kalo direndem air terus aja larut.

dapur tie punya lho..

3 comments:

Miming said...

aduuuhh Tie... diriku nih berhari2 ngidam lupis*asli loh* sampe mikir gimana caranya bikin lupis pake alufoil. krn daun pisang muahaal banget dan belinya juga jauh. kok ya dirimu posting lupis... merana aku..*nangis meratapi nasib*

emaknya iffah said...

..aku..aku..aku juga doyaaaaan :)

Anisa said...

mau donk lupisnya...tapi gak bisa buat..gak ada daun pisang disini teh...sedih..makin ngiler aja nih.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails