Thursday, October 05, 2006

Pepes Ikan Pari

dapur suanti punya lho..Sebetulnya dulu aku ga begitu suka,tapi suatu malam akang ngajak makan di Lau Pa Sat terus icip-icip dikit eh..ternyata enak,ga bau amis dan isinya lembut jadi suka nih.Jadi waktu hari saptu aku ke pasar geylang ma akang dan akang liat tuh ikan pari sekalian ngetes nih mo bikin sendiri bisa ga yah..

Bahan-bahanya:
1. 500 gr ikan pari cuci rendam asam+garam
2. 7 buah cabe merah
3. 4 buah cengek yg merah (clili padi/cabe rawit)
4. 1 siung bawang besar
5. 2 siung bawang putih
6. 3 muncang(kemiri/buah keras)
7. 2 cm kunyit
8. 5 sdm air asam jawa yg kental
9. 1 batang serai
10. garam secukupnya
11. daun pisang u/ membungkus

caranya :
setelah ikan pari direndam air asam + garam cuci bersih dan sisihkan
blender semua bahan hingga halus lalu lumuri ikan pari tadi dng bumbu halus tadi dan diamkan selama 30 menit
lalu bungkus ikan pari dan bumbunya tadi dengan daun lalu kukus( kalo ibu mertuaku sukanya dibakar , tapi aku sukanya dikukus dulu )
setelah 30 menit baru angkat sebelum dihidangkan bakar lagi diatas api dengan api sedang biar aga kering didalamnya.. siap deh dihidangkan..

3 comments:

Ina said...

Syanti...! beneran nghacai abis !
Padahal udah buka loh...lumayan juga buat sahur kali ya Ti?

btw, punten belum apdet, dua hari ini kerja...

tie said...

iya atuh teh.. emang ga rugi lho masak sendiri oge , enak.. hi..hi.., ter emang kerja yah..??

ditunggu postingannya biar ada ide masak nih..

emaknya iffah said...

inget ikan pari inget steve irwin :)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails