Jumat, November 11, 2011

Roti Manis


Pas pertama baca Surat cinta , heuheuheu ROTI..!! ampuuun deh , bukan ga suka.. suka sih makannya tapi kalo bikinnya duuuhh ;)) heuheuheu kebayang ribet nunggu fermentasi, belum harus nguleni lalu di diamkan lagi aaargghh... pokonya denger ROTI aja langsung ngeper xixiixi.

Tapi kan... Pe Er adalah Pe Er , alias tugas yg tetep kudu dikerjakan , sesuai komitment, dan untungnya tie pernah bikin roti juga beberapa kali alhamdulillah sukses ;)tapi pembuatan roti kali ini tetep pengen nyoba resep yg baru siapa tau dapet yg lebih ajib jadi mulai lah pencarian resep .

Tie tertarik liat resepnya Teh Ineu Sena (Dapurkoe) keliatannya lembut enak dan rotinya lucu-lucu kebetulan beliau posting resep roti unyil , ahhh wajib dicoba dan ternyata ga salah pilihan ,rotinya itu lho setelah dibesokan juga tetep lembut enak, aaahhhh pokonya manteeep ga nyesel deh nyoba resep yg satu ini,satu resep jadinya buanyak banget makanya tie bikin berbagai rasa plus bikin roti sobek mau bikin roti unyil ka sanggup :D hanya saja tie rada mati gaya plus kehabiasa ide si roti mau dibentuk apa alhasil semua bentuknya bulet xixiixix , eiiittt tunggu dulu yg penting rasanya bung..!! yg penasaran yuk kita bedah resep ;).




LBT #10
ROTI MANIS by Syanti Dewi NA 65

Roti Manis
( resep roti unyil)

bahan :
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
11 gr ragi instant
1/2 sdt bread improver
1 sdt buttermilk bubuk - tie pake susu bubuk biasa aja 1 sdm
1 sdt ovalet
120 gr gula pasir
2 butir telur ukuran sedang-kecil
100 ml susu cair + 100 ml air
75 gr mentega + margarin
1/2 sdt garam

Cara membuat :

Uleni semua bahan dari bahan di atas secuali mentega dan garam hingga kalis , setelah kalis masukan mentega dan garam uleni lagi hingga elastis.
Bulatkan adonan, pindahkan dalam wadah lain yg sudah diolesi minyak terlebih dahulu. balik adonan hingga bagian permukaannya adalah bagian yg terkena minyak. tutup dengan plastik wrap/ lap basah , masukkan dalam oven atau dlm lemari ( tempat yg rada hangat untuk membantu fermentasi) biarkan selama 30 menit hingga mengembang.
hilangkan gas dengan cara meninjunya.

timbang masing2 adonan seberat 10 - 20 gr dan isi sesuai selera ,susun di atas loyang yg telah diolesi mentega putih/ minyak , diamkan hingga mengembang lagi.terakhir olesi dengan 1 bh kuning telur + 1sdm susu cair , olesi perlahan hingga rata lalu oven dengan suhu 200 drjt C selama 7-8 menit,setelah 8 menit pindahkan ke api atas selama 1-2 menit hingga permukaannya kecoklatan.

Isinya tergantung selera kalo tie pake isian Keju , Daging dan Coklat
Coklat tie pake DCC yg dipotong kecil2 kalo keju tie campur keju +sus bubuk + gula halus + mentega ( semua dikira2 aja) , dan kalo isian daging tie buat dari daging cingcang yg di tumis terlebih dahulu pakai bawang merah+ bawang putih diberi sedikit garam dan merica.. oh iya kalo mau juga pake kaya/srikaya enak banget lho..

Source Ineu Sena ( Dapurkoe )



3 komentar:

DapurBia mengatakan...

Ti....Kabita retina..hoyong nyobian tapi waktosna teu aya abdi sibuk wae...

DapurBia mengatakan...

Ti Kabita rotina hoyong nurutan ke mun aya waktos

Syanti Dewi mengatakan...

cobian geura teh ;) resep yg ini meni lembuuuut pisaaab , alhamdulillah raooos :)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails