Thursday, November 10, 2011

Klapertaart Durian



Setiap liat penampakan klapetaartnya di kedai Rachma duh ngiler terus pengen nyoba tapi kalo pesen sama Mba R di Surabaya ya ga mungkin pan jauh banget yah secara tie tinggal di S'pore ,ah diniatin bikin aja lah kalo ga kapan mau nyobanya yah ;)) cari resep sana sini akhirnya nemu resep di Teh Ike (pawonike Perth ) beliau posting classic klapetaart , memberanikan diri mengubah resep , seperti biasa pake ilmu sesat heuheuheu permak sana sini ,utak atik sana sini akhirnya dapet deh resep seperti ini :)) kalau menurut tie sih alhamdulillah enak..

Duriannya kerasa banget terus adonan lembut membelai lidah disela-sela sensasi duren tetep ada kelapanya yg juga lembut membelai lidah.. aahhhh nikmaaat , mangga bilih ada yg mau nyoba ini resepnya ;)

Klapetaart Durian

Bahan :
1 liter fresh milk
250 gr gula pasir
90 gr maizena
2 sdm tepung custard (peres)
8 kuning telur
150 gr mentega
3 butir kelapa muda
350 gr daging durian ( durian yg bagus yah biar enak)

Topping :
8 putih telur
5 sdm gula ( tie pake gula pasir biasa kalo lebih enak pake icing aja biar cepet )
2 sdm terigu (rada muncung)
bubuk kayu manis
kismis

Caranya :

Campur maizena dan custrad lalu cairkan dengan 200 ml susu , rebus sisa susu dengan gula hingga mendidih , setelah mendidih masukan daging durian , aduk rata setelah susu kembali mendidih masukan campuran tepung aduk cepat , lalu angkat kuali dari api dan masukan mentega aduk rata setelah rata masukan telur lagi2 aduk rata terakhir masukan kelapa ,sisihkan..

Tuang dalam loyang sampai 3/4 bagian lalu oven dengan cara di steam ( Au bain marrie) oven 1/2 mateng kurang lebih 20 -25 menit .

Sambil nunggu , kocok putih telur sambil diberi gula putih sedikit demi sedikit kocok sampe putih telur kaku lalu masukan terigu , aduk rata.. semprotkan diatas adonan klapetaart sampe muncung lalu beri kayu manis bubuk dan taburi kismis panggang hingga matang ( adonan putih telur berwarna kekuningan ) enakna disajikan dingin.


recipe dari Pawon Ike,di ubah suai sesuai dapur Syanti ;)



No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails