Kamis, April 14, 2011

Pengat Durian / Ketan Kinca Durian



Pertama tau cemilan yg satu ini pas dibawain sepupu akang , wuiih lekker..sampe beberapa kali tambah , memberanikan diri nanya resep sama mertua heuheuheu begitulah orang tua ngasih resep tampa ukuran alhasil mengarang bebas , pertama bikin si saus kentel banget enak sih tapi jadinya dikit xixiixi cepet abis pas akhirnya kedua kali bikin saus dibikin encer ehm... enak kata akang sih langsung dapet nilai 10 , penasaran ???? coba deh ini resepnya...


Pengat Durian Bahan :
500 gram ketan
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa ( tie kara + air dikit )
2 lembar daun salam
1 batang serai
1/2 sdt garam

Saus Durian :

200 gr gula pasir
300 ml air ( bisa kurang atau lebih tergantung kekentalan yg diinginkan)
400 ml santan kental ( tie pakai kara)
500 gr daging durian
secubit garam



Caranya :
Ketan rendam selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan dan kukus selama 15 menit, angkat. Rebus santan bersama daun salam , serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus dan aroni hingga seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat. Kukus ketan hingga matang, angkat.

Rebus gula pasir+ air + santan dan garam. Setelah mendidih tambahkan durian lalu masak hingga mendidih, aduk rata setelah semua bahan cukup masak dan tercampur rata angkat dan dinginkan.. Ambil nasi ketan secukupnya lalu tuangkan durian diatasnya dan pengat durian siap untuk dihidangkan..


Recipe by MomInLaw ,modifikasi by Syanti Dewi

2 komentar:

dePerta mengatakan...

yum yum..
aku kan ngga begitu suka durian..
klo alternatif lain selain durian apa mbak?

tie mengatakan...

coba saus mangga juga enak tuh ;)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails