Saturday, July 07, 2007

Tekwan

lantaran sering nyobain tekwanya Ibu Fitta.. makanya penasaran banget n nyoba bikin nah.. resepnya tentunya dari Mummy-nya Fitta dong soalnya dia kan emang orang Palembang asli jadi dijamin enyak hehe.. tapi lantaran bahan disesuaikan sama yg ada didapur begini deh jadinya... hehe, tapi enak juga ko.. ga kalah sama buatan Fitta.. thanks yah Fit..

Bahan:
300 gr Daging ikan tenggiri
250 ml air
150 gr sagu cap tani/tapioca

2 siung bawang putih,haluskan
garam secukupnya
1/2 sdt gula

bahan pelengkap :
Jamur kuping secukupnya siram dengan air panas, potong sesuai selera
Sedap malam secukupnya,rendam,buang ujung yang keras,simpul
Bengkuang secukupnya,iris korek api
soun secukupnya,rendam dgn air panas angakap sisihkan
daun bawang

daun seledri
bawang goreng

cara membuatnya:

Campur daging ikan dan air , garam dan bawang putih lalu giling dalam food processor dengan sedikit air setelah halus masukan, sagu/tapioka dan sisa air, giling lagi hingga halus dan tercampur rata, lalu pindahkan ke wadah lain dan masukan dalam kulkas kurleb 30 menit,Didihkan air dalam panci,kasih sedikit minyak,biar tidak lengket nantinya ,Ambil sedikit adonan sejumput-sejumput dan masukan dalam air yang mendidih sampe mengapung lalu angkat dan sisihkan.

Kuah Tekwan
bahan:
100 gr udang buang kulitnya

5 siung bawang putih,haluskan
2 siung bawang merah haluskan
garam dan merica secukupnya
minyak secukupnya
3 sdm margarine


cara membuatnya:
cincang kasar udang tanpa kulit beserta isi kepala udang sisihkan,panaskan minyak n margarine tumis bawang putih dan bawang merah sampe harum dan kecoklatan,trus masukkan udang cincangnya...masak sampe berubah warna n harum lalu masukan air secukupnya dan masukkan bunga sedap malam dan jamur kuping. aduk rata, masukkan juga bengkuang dan tekwan, masak hingga bengkuang lunak.- hidangkan dengan soun dan taburan seledri cincang n daun bawang.

2 comments:

Retni said...

tekwan mau dunk mba hihihihi:)

fifi said...

Hmmmmmmmmm lekheeeeeeer ini teh favorit saya ....

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails