Jumat, Maret 09, 2007

Donat

dapur tie punya lho..
Bulat..bulat bolong tengah ee..namanya kue donat.. hi..hi.. Duh.. tie nyari resepnya ko lupa dimana padahal dimilis NCC rame banget ngebahas resep ini,tapi akhirnya tie dapet dari dapurnya Rini... thanks yah..

Bahan A:
- 850 gr tepung terigu cakra kembar/komachi
- 30 gram ragi instan
- 10 gr garam
- 600 ml air matang

Bahan B:
- 200 gr tepung terigu cakra kembar/komachi
- 10 gr garam
- 60 gr susu bubuk full cream
- 125 gr gula pasir
- 100 gr telur ayam(2 butir)
- 125 gr mentega putih/shortening


Cara Membuat
1. Aduk bahan A hingga rata lalu istirahatkan selama 90 menit dalam wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang, sisihkan.
2. Campur adonan A dengan bahan B lalu uleni hingga kalis selama 10menit. Istirahatkan dalam wadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit lalu cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan kembali selama 10 meni.t
4. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
5. Setelah dingin, beri topping sesuai selera..

Tie buat 1/2 resep tapi kelupaan telurnya malah untuk yg 1 resep langsung panik ditambahin ini itu... hi..hi.. jadi sih jadi apalagi waktu masih panas enak, lembut tapi pas dingin ga begitu empuk.. mungkin tie kasih tepung kebanyakan, ga sabar ah.. kapan2 mo nyaba lagi abis akang bilang enyak sih...


dapur tie punya lho..

3 komentar:

emaknya iffah mengatakan...

enyaaak kok donatnya..benerr :)

tie mengatakan...

Thanks yah.. informasinya... membantu banget nih....

Sayangku Ayone mengatakan...

kalau donatnya dipanggang bisa gak ya?
aku paling males goreng-menggoreng (biasanya gosong, hihihi)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails