Sabtu, Maret 03, 2007

Bolgul keju


Bahan :
100 gr mentega cair(Golden Churn)
100 gr tepung Self Raising
50 gr maizena
190 gr gula putih
12 kuning telur dingin
6 putih telur dingin
1 sdm TBM
2 sdm air dingin
40 gr susu full cream

Untuk isi:
Butter cream siap pakai dan keju cheddar

Caranya :

-Campur semua bahan kecuali mentega cair dan mixer dengan speed tinggi biarkan hingga adonan putih dan berjejak, setelah lembut turunkan speednya dan tuang mentega cair sedikit2..
-Matikan mixer lalu aduk hingga rata betul, setelah tercampur rata masukaan dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti .
-Setelah masak dinginkan.. lalu balikan diatas kertas roti dan olesi tipis2 dengan butter cream lalu taburi atasnya dengan parutan keju cheddar lalu gulung sambil dipadatkan..
*Telur dingin atau air dingin yg dimaksud telur & air yg disimpan didalam kulkas,walau dingin juga.. tetep ko adonannya kembang terus berjejak dan ga encer.

4 komentar:

Miming mengatakan...

Tie.. kalo misalnya telur+gulanya yg aku mikser dulu(telurnya jg dingin, stl mengembang baru tepungnya yg aku campurin apa juga bisa? soale baskomku kecil Tie, kalo langsung dicampur takutnya ga muat. Pake telur dingin dimikser pake handmixer jg bisa naik? pencerahannya dong Tie...

tie mengatakan...

sebetulnya tie dah biasa pake handmixer juga dulu.. cara yg di mixer semua kaya gini alhamdulillah kembang juga.. tapi ada sesekali ga kembang alias adonannya jadi rada encer...

terus kalo soal telur dari kulkas menurut tie berdasarkan beberapa kali pengamatan hi..hi..(bahasanya gile bener..),justru bikin adonan kental(mudah kaku) soalnya karena dingin si telur jadi rada kental... gitu..

nah kalo soal pake handmixer dengan telur yg dingin bisa naik ato ga nya(Insya'Allah naik..)tapi entar tie coba yah.. tapi sabar menanti...

terus kalo mau dipisah dulu juga bisa mba.. tapi mungkin kelembutan cakenya ga sama...
bolgul ini terkenal dengan lembutnya lho.. makanya Alhamdulillah... ada aja yg pesen.. coba aja deh pake 1/2 resep dulu.. mudah-mudahan berhasil...

Rika mengatakan...

Hallo Salam Kenal ...
Bolgul-nya cantik lho...mulus banget ngegulungnya.
di resepnya, ada susu full cream itu apa ? susu kental/susu bubuk ?
trus, temperature di ovennya berapa degree & berapa lama ?
kalau aku bikin bolgul, kok suka retak yach waktu ngegulungnya. knp yach? ada saran ?
Terima kasih...

tie mengatakan...

tie - Rika

Hai rika salam kenal...

kalo bikin bolgul diusahakan waktu masukan adonan ke loyang jangan terlalu tebal, kurang lebih 1 cm.. terus ngabakarnya jangan terlalu lama... biar ga garing ..

ciri bolgul dah mateng sentuh aja atasnya dah kering (waktu di sentul adonan dah ga lembab) baru angkat biasanya warnanya dah kecoklatan..

jangan diangkat kalo atasnya masih lembab.. entar waktu digulung permukaan cakenya bisa menempel di kertas roti..,

tie biasa pake panas 170'c oven yg di pake La.Germania lantaran itu juga dah panas banget maklum ovennya dah tua hi..hi....

susu yg dimaksud, Full cream = susu bubuk

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails