Wednesday, October 25, 2006

"Puding Casablanca"

dapur syanti punya lho..
Dapet resep di milis NCC denger-denger puding casablanca ini enyak banget jadi penasaran nih... terus liat cara ngebakarnya di tim dalam Oven(au bain marie) kan jadi lebih penasaran..
dan setelah dicoba bener2 enak lho... terus dimakan dingin2 menurutku lebih enak.. lembut.. mo nyoba ?? nih resepnya..

PUDING CASABLANCA
Bahan :
3 bks Agar-agar warna putih
100 gr margarine / butter (anchor / wisjman) -> bisa ditambah max 200 gr
5 btr telur (jangan yang terlalu besar, 1kg isi 17 btr)
300 gr gula pasir( bagi 2 bagian)
50 gr tepung terigu
20 gr tepung custard
6 gls (1200 ml) susu segar (atau 120gr susu bubuk fullcream + 1200 ml air)
3 sdm coklat bubuk(aku pake coklat pasta..)
vanili

Cara membuat :
1. Cairkan mentega, sisihkan
2. Didihkan agar-agar, 150 gr gula pasir dan 600 ml susu cair sampai mendidih, angkat dari api, campuran sisa susu supaya cepat dingin
3. Kocok dengan mixer telur dan 150 gr gula pasir dan vanili sampai gula larut dan mengental
4. Masukkan tepung terigu dan custard kedalam telur
5. Masukkan mentega cair
6. Campur susu kedalam adonan telur, aduk rata
7. Saring adonan, bagi 2 adonan, satu bagian diberi coklat
8. Siapkan loyang ukuran 7x20, olesi mentega alasi bawahnya dengan kertas roti
9. Tuang adonan bergantian dengan menggunakan plastic segitiga
10. Bakar adonan dengan cara ditim(au bain marie) selama 1 jam dengan suhu 160°

5 comments:

Beyond My Destination said...

tie, nanya dunk ;-) di tim di oven itu gmana caranya?

tie said...

Waktu ngoven loyang yang berisi kuenyanya disimpan didalam loyang yang berisi air... jadi dua tingkat gitu lho.

kalo ovennya besar gampang aja ko...

Beyond My Destination said...

Oh gituh.. wah asik tuh.. aku mau nyoba ah.. hihihi.. '
Thanks yah say atas infonya ;-)

tie said...

met mencoba yah.... kalo dah jadi bilang2.. mudah-mudahan sukses..

Anonymous said...

Tie, dari penjelasan tie, aku nangkapnya loyang yg berisi kue itu akan ter-rendam air. Aku pernah liat di tempat kursus, kagak kayak gitu. biasanya dalamnya oven ada 2 tingkat, tingkat paling bawah ditaruh loyang berisi air, sedangkan di tingkat paling atas ditaruh loyang yg berisi kue. jadi loyang kue kagak sampe kena air. Yang mana yg Tie maksud ya? Mohon pencerahannya. Thanks sebelumnya.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails