Sunday, October 08, 2006

Lobi-Lobi

dapur syanti punya lho..

Lobi-lobi atau mungkin orang Singapore bilang Onde-Onde hanya beda nama saja tapi rasa dan bentuknya sama seperti yg selalu mamaku buat.

dapur syanti punya lho..Bahan dan cara menbuat lobi-lobi ini sama seperti badak berendam tapi yg membedakannya adalah isinya, kalo lobi-lobi isinya gula kawung(gula merah/gula melaka) dan setelah di direbus dimasukan dalam kelapa parut yg sudah di kukus dulu bukan kuah santan.

Kelepon 1
Bahan:
A. Bahan kulit
1. 300 gram ubi rebus haluskan
2. 200 gram tepung ketan putih
3. 100 gram tepung kanji
4. esen pandan secukupnya
5. air secukupnya
6. gula merah dipotong2 kecil
7. kelapa parut dibuang kulit secukupnya,kukus -/+ 15 menit
8. garam sedikit

caranya :
-Haluskan ubi lalu uli dengan tepung ketan dan tepung kanji + esen pandan dan air sehingga kalis lalu bulatkan dan isi dengan gula merah .
-Didihkan air setelah mendidih masukan bulatan tadi biarkan hingga terapung dan angkat masukan dalam kelapa parud yg sudah dicampur dengan sedikit garam..
siap deh. eh.. jangan bilang2 ini resep yg ini dari mertu lho...


Kelepon 2
Bahan:
250 gr tepung beras ketan
50 gr tepung beras putih
80 ml air daun suji
2 sdt air kapur sirih
100 gr gula merah, sisir
½ btr kelapa, kupas, parut
¼ sdt garam
1 ltr air

Cara membuat:
-campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, aduk rata. Sisihkan.
-campur air daun suji dan air kapur sirih
-tuangi tepung dengan campuran air daun suji, aduk dan uleni hingga menjadi adonan yang liat.
-ambil sedikit adonan, pipihkan, beri sedikit gula merah, rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola.
-masak air hingga mendidih, celupkan bola-bola kelepon, biarkan hingga matang dan mengapung.
- angkat, langsung gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dibubuhi garam.
This recipe by Fatmah Bahalwan (NCC), nah yg mo bikin silahkan pilih mo resep yg mana ...

8 comments:

Budi Sutomo, S.Pd said...

wah...ini kue klepon kan? enak bgt ya? kenyil2 makanya aku bikin buku covernya kue ini. salam

tie said...

emang enak mas budi.. itulah terinspirasi waktu main ke blognya masbudi jadi pengen bikin.. makasih yah...

Ina said...

ini sih telepon eh salah tulis...KELEPON gitu!
Punya banyak nama juga blio ya?

Beyond My Destination said...

Tie, kalo gula merahnya pas melt di mulut nyess banget rasanya...
Hihihihi

tie said...

tuh kan emang yg satu ini namanya bener2.. banyak banget, ada telepon segala eh.. salah kelepon,

teh Tyty kalo dimakan pasti deh.. abis gula, eh... gimana yah kalo dalemnya ganti ma coklat, enak ga yah ?? perlu di coba nih.. hi..hi...

Anisa said...

bener, di Jawa kelepon namanya. ngomong2 2 bulan yang lalu aku bikin susah banget. lengket di tangan trus susah dibentuknya. Ada tips nya mbak tie

tie said...

terlalu banyak air kali.. terus kalo cuma tepung kanji kadang emang lengket makanya tie suka dicampur tepung ketan putih..

Anisa said...

makasih bocorannya. insyaallah lain kali tak coba lagi deh...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails