Friday, May 30, 2008

KBB #5 Banoffe Pies






Tantangan KBB kali ini tie hanya nyoba satu kali :( sayang banget lantaran awal bulan tie mudik, dan pas pertengahan bulan setelah pulang lagi ke SG udah langsung disibukan jadwal pesenan yg emang udah padet.. tapi alhamdulillah tugas terlaksana...

Pertama persiapan bahan semuanya tie ikutin sesuai resep cara pembuatan kulit dll .. semuanya lancar2 , sampe akhirnya si banoffe pie jadi nah pas udah dimasukin kulkas beberapa jam bagian mau motong hiks.. ko ya keras yah padahal kulitnya waktu masih anget renyah sekali enyaakkk , pas di coba sebelum dimakan di simpen di suhu ruang dulu baru makan dan hasilnya enakkk .. syukur...

Hiasan atas berbentuk hatio tie bikin dari sisa triming kulitnya.. yg pasti puas deh dan yg penting akang suka :).. ternyata seru yah ikutan KBB banyak mencoba resep baru..

Sumber: Foodtown Magazine. October-November 2007; Cuisine Magazine, November 2002. dengan modifikasi resep pastry dan filling.
Tingkat Kesulitan: Menantang. Untuk 4-6 potong.

Pastry:

300g tepung terigu, 150g mentega tawar, iris dadu, 5 sdM gula, 2 kuning telur, 3 sdM air dingin
Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur.

Proses hingga menjadi remah-remah,tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure). Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery.

Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.

Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.
Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart.. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.

Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)

Filling

75g mentega, 50g brown sugar, 3 sdM susu, 300g SKM, 2 buah pisang matang tapi tidak lembek, 300ml krim, ½ -1 cup white chocolate curls atau parut.

Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).

Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart (boleh dengan cara mengolesi atau menyemprot dengan spuit, it's the time to use your imagination!) Taburkan coklat serut di atas krim.



8 comments:

Elsye said...

Tie...hebring deh langsung bikin si banopinya...padahal udah maiu pulkam..:D...saluttt cantik lagi penampakannya..:D

Arfi Binsted said...

cantik banget, tie! ngiri pulang kampung sementara aku di sini berbalut selimut hehehe

Retno Prihadana said...

Banopinya Tie juga cakep! Aku Cuman bikin sekali aja..sama halnya dengan si Mereng...karena kata anak-anak terlalu manissss, padahal dah dikurangi gulanya.

mae said...

cantiiiik... ada lope lopenya !

ezza said...

Cantiiik banget....
Plok....plok..plok...
Kerennn

MiNDY said...

sama, akuw juga bikin cuma sekali. pengennya sih ngulang karena ga puas ama hasil fotonya.

hasilnya bagus. menih ada hati-hati-nya.

Andrie Anne said...

Saammmmmma ya dikasi lope lope. Lutuu..:-)

arta said...

pienya cantiiik banged deh Tie...iya, unik bgt ada si lope-lope..hehehe..dikau emang kreatif deh...:D

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails